Waspada, Penyakit Musim Hujan Turunkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi flu saat musim hujan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Fakta bahwa leptospirosis dapat berdampak buruk pada kekebalan seseorang, itulah yang membuat para dokter khawatir dengan penyakit musiman yang kritis ini. Pada saat pandemi masih berlangsung, meski perlahan surut, kekebalan yang rendah bisa berakibat fatal.

Sempat Berhadapan dengan Maut, Chicco Jerikho Akui Jadi Semakin Dekat dengan Tuhan

"Musim hujan adalah waktu dalam setahun ketika Anda perlu mengambil setiap tindakan pencegahan yang mungkin untuk menghindari penyakit yang terbawa air yang memengaruhi Anda dan keluarga," kata Dr Harish Chafle, Konsultan Intensifivis dan Terapis.

Berbicara tentang leptospirosis ia menambahkan, “Ini adalah infeksi umum selama musim hujan, terutama di antara mereka yang tinggal di daerah yang rawan banjir dan genangan air." 

Cerita Chicco Jerikho yang Berjuang Hidup dan Mati Sampai Titip Pesan Untuk Anak dan Istrinya

Penyakit ini disebabkan oleh sejenis bakteri yang disebut 'spirochete'. Hal ini terutama disebabkan ketika manusia melakukan kontak langsung dengan urin dari hewan yang terinfeksi, terutama hewan pengerat, atau melalui air, tanah atau makanan yang terkontaminasi dengan urin yang terinfeksi, dalam pengaturan kebiasaan sanitasi yang buruk. 

"Begitu seseorang berjalan di air hujan atau genangan air yang terkontaminasi urin hewan pengerat dan kaki mengalami kerusakan pada kontinuitas kulit, spirochete masuk ke dalam tubuh. Jadi ini membuktikan bahkan urin hewan bisa membuat Anda sakit, jadi orang harus berhati-hati.”

Chicco Jerikho Didiagnosis Sepsis Hingga Dirawat di HCU dan Pakai Alat Pacu Jantung

Meskipun ada penurunan penyakit terkait musim hujan tahun lalu, karena pembatasan yang dipimpin oleh pandemi, tahun ini telah terlihat peningkatan, kata laporan. Tentu saja jumlah kasusnya sangat rendah jika dibandingkan dengan 2019, tetapi fakta bahwa penyakit tersebut menurunkan kekebalan seseorang, membuat para dokter khawatir. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini tentu saja pencegahan. 

“Karena COVID-19 menimbulkan lebih banyak masalah, lebih baik mencegah penyakit seperti leptospirosis, yang dapat mengurangi kekebalan lebih lanjut. Hindari mengarungi air banjir atau air lainnya. Kenakan pakaian pelindung seperti alas kaki dan tutupi luka dan luka dengan perban atau pembalut tahan air jika tidak dapat dihindari. Jadikan air aman untuk diminum dengan merebus atau menggunakan perawatan kimia yang sesuai,” kata Dr Sulaiman Ladhani, Consulting Chest Physician, MD Chest and Tuberculosis.

nfeksi ditandai dengan gejala seperti flu yang dapat muncul dua hingga 30 hari (biasanya tujuh hingga 10 hari) setelah terpapar bakteri, pengujian penting untuk diagnosis. Perawatan biasanya termasuk antibiotik.

Perawatan tepat waktu sangat penting, kata dokter. Penyakit ini berlangsung dari beberapa hari sampai tiga minggu atau lebih. Tanpa pengobatan, pemulihan mungkin memakan waktu beberapa bulan.

Sementara sebagian besar orang sembuh dari penyakit dalam seminggu, hanya sedikit yang mungkin menderita leptospirosis manusia (PHL) persisten dalam lima hingga 10 persen kasus.

Dr Ladhani menambahkan, “Efek jangka panjang ini dapat berlangsung selama beberapa tahun dan seringkali tidak diidentifikasi dan ditangani dengan benar oleh para profesional medis. Inisiasi antibiotik dini dapat mencegah perkembangan penyakit yang parah.”

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, waktu antara paparan seseorang ke sumber yang terkontaminasi dan menjadi sakit adalah dua hari hingga empat minggu. Penyakit biasanya dimulai tiba-tiba dengan demam dan gejala lainnya. Leptospirosis dapat terjadi dalam dua fase:

- Setelah fase pertama (dengan demam, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, muntah, atau diare) pasien dapat sembuh untuk sementara waktu tetapi menjadi sakit lagi.

- Jika terjadi fase kedua, lebih parah; orang tersebut mungkin mengalami gagal ginjal atau hati atau meningitis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya