dr Zaidul Akbar: Tanda Lemahnya Ginjal Bisa Dilihat dari Mata

Ilustrasi penyakit ginjal/sakit pinggang.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA – Sebenarnya jika diperhatikan dengan seksama, tubuh selalu memberikan tanda jika terjadi suatu masalah. Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari hal ini, sehingga baru diketahui ketika kondisi sudah bertambah parah. 

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Salah satu tanda yang muncul di mata yang menandakan tubuh atau organ sedang bermasalah adalah munculnya kantung mata. Hal ini diungkapkan oleh dokter sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar

Melalui sebuah tayangan video, pria yang sering menjadi narasumber tentang kesehatan Islami itu, mengatakan bahwa kantung mata bisa menjadi tanda dari banyak masalah tubuh. 

Puasa Ramadhan Bisa Batal Hanya Karena Obat Tetes Mata? Buya Yahya Bilang Begini

"Yang pertama kurangnya tidur, tidak cukup tidur. Jadi kalau orang tidak cukup tidur atau istirahat, jadinya muncul kantung mata," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @yukbelajarjsr, dikutip VIVA, Kamis 19 Agustus 2021. 

Lalu yang kedua, kantung mata muncul sebagai gejala yang menunjukkan adanya masalah pada organ ginjal dan limpa. Di mana menurut Zaidul, salah satu penyebabnya masih berhubungan dengan kurang tidur. 

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

"Kelemahan pada organ sebenarnya yaitu ginjal dan limpa itu sebenarnya satu jalur sama kurang tidur tadi," kata dia. 

Lebih lanjut Zaidul turut memberikan beberapa tips untuk menghilangkan kantung mata. Apa saja? 

"Jadi yang pertama yang harus Anda lakukan adalah optimalkan dalam tidur atau istirahat. Atau juga dengan rihlah-rihlah, hiburan-hiburan, piknik, kemping itu juga baik," tuturnya. 

Kemudian, penggagas buku Jurus Sehat Rasulullah itu juga menyarankan untuk mengonsumsi tumbuh-tumbuhan atau herbal. 

"Yang selanjutnya adalah mengonsumsi herbal-herbal, tumbuhan-tumbuhan yang sifatnya menguatkan fungsi ginjal atau pencernaan. Seperti habbatussauda, madu, kurma, zaitun, dan akar alang-alang juga baik, yang bisa bapak ibu konsumsi dengan direbus," terang dia. 

Namun, berdasarkan pengalaman dokter Zaidul sebenarnya kantung mata bisa menghilang dengan sendirinya, dengan syarat dibarengi dengan istirahat cukup dan menjalani pola hidup sehat lainnya. 

"Kantung mata itu tanda organ-organnya atau tubuhnya sedang stres atau terlalu berat bebannya. Jadi itu bisa ditanggulangi dengan istirahat, olahraga yang cukup tidak dipaksakan juga, berjemur juga bisa," tegas dr. Zaidul Akbar.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya