Studi: Makanan Ini Dapat Meringankan Risiko COVID-19

makanan sehat
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tidak peduli seberapa parah COVID-19 telah memengaruhi kesehatan dan gaya hidup kita, itu pasti membuat kita lebih sadar akan kebutuhan tubuh dan diet yang paling baik menangani risiko infeksi. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Makan makanan bergizi, menghindari makanan olahan yang tidak sehat telah menjadi nasihat yang diturunkan dari generasi ke generasi. Tetapi ketika kita jatuh lebih dalam ke dalam lubang modernitas dan dihadapkan pada pasar kapitalis yang lebih luas, kita akan selalu lebih tertarik pada barang-barang yang, meskipun memuaskan, sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Tetapi mengingat krisis saat ini, selalu lebih baik untuk lebih sadar dan sadar tentang makanan yang harus kita makan dan hindari. Sementara vaksin, perawatan COVID-19, dan mengikuti perilaku yang sesuai dengan COVID-19 memainkan peran penting dalam membatasi risiko infeksi, diet memainkan peran yang sama pentingnya dalam memerangi virus SARs-COV-2.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Makan makanan yang sehat dan bergizi tidak hanya membantu meringankan gejala COVID-19, tetapi juga menghidupkan kembali energi seseorang dan mengatasi kelelahan pasca-COVID-19.

Selain makanan yang Anda makan, tetap terhidrasi dan tidur cukup adalah beberapa pilihan gaya hidup lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi COVID-19. Mengikuti gaya hidup yang tidak sehat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental Anda.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Makan makanan yang tidak sehat, minum lebih sedikit air, menjalani kehidupan yang penuh tekanan, semuanya dapat berkontribusi pada kehidupan yang tidak sehat. Ini dapat menambah risiko kenaikan berat badan yang tidak perlu, yang merupakan faktor risiko lain dari virus corona.

Dapatkah makanan tertentu memengaruhi risiko infeksi? 

Ilustrasi sayuran organik.

Photo :
  • U-Report

Kita sebagai masyarakat memahami pentingnya makan makanan yang baik dan membuat pilihan pola makan yang sehat, terutama dalam mengurangi risiko COVID-19. Namun, selain itu, para ahli juga telah berbagi masukan tentang hal yang sama.

Menurut peneliti dari Northwestern University di Chicago, kopi, ASI, dan kangkung berpotensi mengurangi faktor risiko COVID-19 Anda. Tim ahli menggunakan data UK Biobank untuk mempelajari hubungan antara perilaku diet dari 2006 hingga 2010 dan kasus COVID-19 dari Maret hingga November 2020 pada orang yang sama.

Studi ini melihat data yang melibatkan 38.000 orang yang telah melakukan tes sendiri, di mana 17 persen di antaranya dinyatakan positif terkena virus. Ditemukan bahwa makanan tertentu memengaruhi sistem kekebalan orang yang terlibat dalam penelitian.

Dari banyak makanan yang termasuk dalam penelitian ini, kopi, sayuran, dan ASI mengurangi risiko COVID-19 sebesar 10 persen, sedangkan makanan seperti teh, buah-buahan, dan daging merah tidak membuat perbedaan yang signifikan.

Makanan yang terkait dengan risiko infeksi yang lebih besar

Menu diet

Photo :
  • Times of India

Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa daging olahan seperti hot dog dan daging deli dikaitkan dengan risiko infeksi yang lebih besar. Menurut para peneliti, bahkan setengah porsi daging olahan setiap hari dapat meningkatkan risiko COVID-19 sebesar 10 persen.

Makanan olahan adalah dan telah terdaftar di antara beberapa makanan yang paling tidak sehat. Selain menyebabkan kenaikan berat badan, itu juga dapat membuat orang rentan terhadap penyakit kronis. Makanan yang tidak sehat, digoreng, dan berminyak sering dikaitkan dengan komplikasi kardiovaskular.

Kaitan antara nutrisi dan COVID-19

COVID-19, seperti yang kita semua tahu, adalah penyakit pernapasan yang menyebabkan peradangan di setiap bagian tubuh dari waktu ke waktu. Menurut para peneliti, sementara tidak ada pengungkapan tentang bagaimana makanan tertentu berdampak pada risiko COVID-19, diyakini bahwa hubungan antara nutrisi dan COVID-19 lebih tentang peradangan daripada bahan makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya