Logo BBC

Mengapa Kicau Burung, Suara Alam, dan Sungai Dapat Menenangkan Kita?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Penelitian terbaru menunjukkan bunyi-bunyi alami dari hutan, sungai dan padang rumput membantu meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan sekalipun benar-benar digital. Arwa Haider membahas bagaimana suara kicau burung dan suara-suara alami lainnya - dikombinasikan dengan musik - dapat menenangkan kita.

Hampir satu abad yang lalu, pemain cello ternama Inggris, Beatrice Harrison, menampilkan salah satu siaran langsung luar ruangan pertama di BBC, dari kebunnya sendiri di Oxted, Surrey.

Saat itu bulan Mei 1924, dan Harrison memainkan musik-musik yang terkenal termasuk Londonderry Air (Danny Boy) dan Songs My Mother Taught Me karya Dvořák, sementara burung-burung bulbul menyahuti dan berkicau indah dari pepohonan di sekitarnya.

Siaran langsung itu terbukti menjadi perhatian publik, dengan pertunjukan-pertunjukan tahunan selama 12 tahun kemudian, dan sebuah rekaman telah diluncurkan.

Beatrice Harrison
BBC
Hampir seabad silam, pemain cello ternama Inggris, Beatrice Harrison, menampilkan salah satu siaran langsung luar ruangan pertama di BBC, dari kebunnya sendiri.

Ketika mendengarkannya kembali di tahun 2021, potongan suara-suara yang disatukan ini terdengar elegan, mengharukan dan tenang, dan entah bagaimana waktu seakan berhenti.

Hubungan antara suara alam dan musik menyentuh rasa kesejahteraan manusia, sebuah sensasi yang purba namun terus menghasilkan tunas-tunas baru.

Generasi komponis internasional telah menciptakan karya yang terinspirasi dari alam, termasuk Beethoven`s 6th Symphony (1808) alias "Pastoral Symphony, or Recollections of Country Life".

Seiring berkembangnya teknologi perekaman, para seniman semakin banyak mencicipi dunia alam; Komposer Finlandia Einojuhani Rautavaara`s Cantus Arcticus (1972) memasukkan suara kehidupan burung dari Lingkaran Arktik.

Musisi AS dan ahli ekologi soundscape Bernie Krause telah menghabiskan puluhan tahun merekam dan mengarsipkan suara alam dunia, dan berkolaborasi dalam beragam proyek termasuk The Great Animal Orchestra, Symphony for Orchestra, dan Wild Soundscapes (2014, dengan komposer Inggris Richard Blackford).

Kecerdasan alam dan ketidakpastian juga telah dieksplorasi dalam eksperimen, seperti pameran seniman Prancis Céleste Boursier-Mougenot 2010, yang membawa kutilang zebra dan gitar listrik Les Paul ke Galeri Kurva Barbican London.

Di dunia modern saat ini tampaknya ada kebangkitan kembali minat pada kedalaman dan keragaman suara alam, yang diperkuat oleh masalah lingkungan; dan di samping itu, dampak pandemi dalam kehidupan membuat kita sadar akan hal-hal yang barangkali selama ini tidak pernah kita syukuri.

Setelah lockdown pertama karena Covid, salah satu meme di internet yang paling umum (dan banyak diparodikan) adalah: "alam sedang menyembuhkan".

Sekarang, pesan yang semakin bergema adalah bahwa alam menghidupkan kita kembali.