Ini Resep Kayu Manis untuk Tingkatkan Imunitas

Ilustrasi kayu manis.
Sumber :
  • pixabay/gokalpicsan

VIVA – Pandemi COVID-19 buat masyarakat semakin waspada. Berbagai cara dilakukan agar tidak tertular. Salah satunya, dengan menjaga kesehatan tubuh lewat meminum ramuan herbal, termasuk kayu manis.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kayu manis adalah salah satu rempah yang beraroma harum. Rempah ini bisa diolah menjadi racikan air kayu manis yang menyehatkan, termasuk menjaga imunitas tubuh. Hal ini diungkapkan oleh ahli herbal dr. Muthoharrah,M.Si dalam program Hidup Sehat tvOne.

"Karena kayu manis mengandung polifenol, ini fungsinya sebagai anti bakteri, anti jamur, anti virus. ada penelitian yang menyebutkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan imunitas adaptif meningkatkan sel T. Jahe merah tinggi kandungan zat aktif," kata Muthe, Senin 23 Agustus 2021.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Lantas bagaimana cara mengolah kayu manis untuk meningkatkan imunitas? Kayu manis ini diketahui bisa ditambahkan dengan jeruk nipis yang diketahui mengandung vitamin C tinggi dan jahe merah.

"Jeruk nipis punya kandungan vitamin c dosis tinggi dalam tinggi kulitnya ada kandungan hesperidin fungsinya meningkatkan penyerapan vitamin c. Vitamin c meningkatkan imun bersinergi dengan kayu manis dan jahe," ujar Muthe.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Sementara itu,  jahe merah, mengandung senyawa yang berkontribusi kemampuan immunomodulator seperti gingerol dan shogaol. Imunomodulator merupakan zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, seperti mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. 

Immunomodulator membantu memperkuat daya tahan tubuh, serta ikut melawan berbagai patogen seperti bakteri dan virus.

Cara membuat ramuan kayu manis untuk meningkatkan imunitas:

Bahan-bahan: siapkan 2 ruas jahe merah, 1 buah jeruk nipis, 4cm kayu manis, 3 gelas air, gula aren

Cara membuat: masak air hingga mendidih masukkan jahe merah, dan kayu manis rebus selama 15 menit lalu tuang ke gelas. Setelah hangat jeruk nipis dimasukkan, atau bisa dimasukkan saat mau minum

Dijelaskan Muthe untuk mengonsumsi ramuan ini waktu terbaik untuk menjaga imun sebelum makan dengan dosis 1x sehari.

"Untuk anak-anak herbal bisa diberikan pada tahap anak yang sudah bisa makan. Namun hati-hati untuk jahe merah karena bisa perih di lambung. Selain itu, jahe merah ada efek pengencer darah, hati-hati pada penderita yang konsumsi obat pengencer darah, dijarak 2 jam agar aman," kata Muthe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya