Virus COVID-19 Dapat Menyebar Melalui Air Mata? Ini Penjelasan Ahli

Mata
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Penularan virus melalui cairan tubuh selalu menjadi kemungkinan yang jauh. Menurut penelitian terbaru, para ahli menemukan bahwa dari database sampel yang dikumpulkan dan diuji untuk penularan COVID-19, sekitar 17,5 persen ditularkan melalui air mata

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keberadaan virus pada air mata pasien yang terinfeksi bahkan jika mereka tidak menunjukkan manifestasi okular.

Sebuah studi serupa, yang diterbitkan dalam Indian Journal of Ophthalmology mengungkapkan bahwa virus menular dapat hadir dalam air mata dengan atau tanpa keterlibatan mata, demikian dikutip dari Times of India.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Berdasarkan temuan baru ini, para ahli juga menyarankan bahwa mungkin ada cara penularan COVID-19 yang lebih baru untuk diwaspadai. Ahli kacamata, dokter mata, dan orang-orang yang bekerja di sektor perawatan pribadi seperti salon dan ahli kecantikan dapat berada pada risiko infeksi yang lebih tinggi melalui cairan yang dikeluarkan dari mata.

Bagaimana tetesan air mata bisa menjadi pembawa virus?

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Meskipun hanya ada sedikit penelitian yang mengindikasikan penularan virus corona melalui air mata, ada beberapa penelitian yang diterbitkan selama bertahun-tahun, yang menunjukkan bahwa sebenarnya, berbagai jenis virus dapat hadir di mata kita.

Para ahli menyarankan bahwa jaringan bening yang menutupi area putih mata dan garis bagian dalam kelopak mata dapat terinfeksi oleh virus yang terkait dengan flu biasa dan herpes. 

Hal itu terjadi karena mata terpapar langsung saat terkena droplet yang dihasilkan saat batuk, bersin atau berbicara. Selain itu, kebanyakan orang memiliki kebiasaan menggosok dan menyentuh mata mereka. Ini bisa menjadi penjelasan yang valid tentang keberadaan virus corona di air mata orang yang terinfeksi.

Bagaimana COVID-19 bisa menyebar melalui mata?

Ilustrasi sakit mata, termasuk gejala COVID-19

Photo :
  • inmagine.com

Virus corona dapat menyebar melalui mata dengan cara yang sama seperti menyebar melalui tetesan pernapasan. Menyentuh air mata orang yang terinfeksi atau menyentuh permukaan tempat tetesan itu mendarat membuat Anda rentan terhadap infeksi.

Bahkan menyentuh mata Anda setelah menyentuh permukaan dengan virus di atasnya dapat meningkatkan risiko infeksi.

Meskipun konjungtivitis (mata merah) adalah gejala yang menonjol dari infeksi COVID-19, itu jarang terjadi. Tidak semua orang yang terinfeksi virus mengembangkan gejala ini sehingga perlu untuk melindungi diri sendiri. Bahkan jika orang yang terinfeksi tidak memiliki mata merah, ia dapat menyebarkan virus ke orang yang sehat.

Ini yang bisa dilakukan agar tetap aman

Ilustrasi cuci tangan.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Sekarang terbukti bahwa coronavirus dapat menyebar ke orang lain melalui air mata, namun, penelitian juga menunjukkan bahwa risiko penularan sangat rendah.

Hal terbaik untuk dilakukan dalam kasus seperti itu adalah mempraktikkan beberapa metode kebersihan yang sehat agar tetap aman. Berikut adalah beberapa langkah kecil yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko:

- Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau bagian dalam siku saat batuk atau bersin.

- Jangan mengucek mata saat terinfeksi COVID-19. Jika Anda menggunakan tisu saat bersin, segera buang.

- Cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 30 detik setelah menyentuh permukaan apa pun dan sebelum menyentuh wajah atau makan.

- Jika sabun dan air tidak tersedia, bersihkan tangan  dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 70 persen alkohol.

- Hindari melakukan kontak dekat dengan orang yang sedang sakit.

- Kenakan masker di tempat umum dan ketika berada di sekitar orang yang tidak tinggal di rumah mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya