Kenali Perbedaan COVID-19, Malaria dan Demam Berdarah

Ilustrasi demam
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Meskipun jumlah pasien COVID-19 turun, masih ada wabah yang mengalami peningkatan jumlah yang dilaporkan di seluruh negeri. Pada saat yang sama, datangnya musim hujan juga membawa penyakit menular seperti malaria dan demam berdarah.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Baik malaria maupun demam berdarah, penyakit yang ditularkan melalui vektor disebarkan melalui gigitan nyamuk dan diketahui membengkak selama musim hujan, ketika ada risiko tinggi kontaminasi dan serangan air. 

Sekarang, meskipun berbeda, ada satu hal yang menarik perhatian - penyakit tropis seperti malaria, demam berdarah, dan COVID-19 memiliki banyak gejala yang sama. 

Masyarakat Diminta Waspada DBD dan HFMD, Kemenkes: Penyakit Tak Libur saat Libur Lebaran

Tidak hanya mungkin ada kebingungan mengenai diagnosis, tetapi dokter sekarang juga melaporkan peningkatan yang mengganggu dalam gejala yang tumpang tindih, dan kasus koinfeksi.

Jadi, pada saat kritis ini, di mana tetap penting untuk mengidentifikasi dan mengobati salah satu dari tiga penyakit pada waktu yang tepat- bagaimana Anda bisa membedakan gejala?

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Jika Anda mengalami demam dan nyeri tubuh yang ekstrem, apakah itu gejala COVID-19, demam berdarah, atau malaria?

Bagaimana COVID-19, demam berdarah dan malaria menyebar?

Ilustrasi Tes Demam Berdarah

Photo :
  • U-Report

Sementara COVID-19 adalah penyakit pernapasan yang menyebar melalui tetesan terinfeksi yang membawa virus SARS-COV-2 (penularan melalui udara atau tetesan langsung adalah cara penyebaran yang mungkin), demam berdarah dan malaria adalah penyakit tropis yang muncul selama perubahan musim dan disebabkan oleh nyamuk yang terinfeksi. 

Sementara demam berdarah menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes, Malaria ditularkan melalui parasit yang disebut Plasmodium, menyebar melalui gigitan nyamuk Anopheles betina.

Meskipun demam berdarah dan malaria adalah penyakit yang ditularkan melalui vektor dan wabah menyebar secara sporadis, kehadiran aktif COVID-19 di dunia dapat memungkinkan ketiga infeksi menyebar secara bersamaan dan memicu kekhawatiran. .

Mungkinkah ada gejala yang tumpang tindih?

Virus corona

Photo :
  • Times of India

Meskipun penyakitnya berbeda, demam berdarah, malaria, dan COVID-19 semuanya disebabkan oleh virus dan dapat menginfeksi tubuh dan menyebabkan banyak gejala, yang terutama bersifat pernapasan dan menyebabkan peradangan, dan karenanya, menimbulkan banyak kebingungan. .

Ini juga bisa sedikit rumit dan sulit untuk membedakan antara ketiga penyakit karena mereka juga secara klinis serupa dalam presentasinya.

Demam berdarah, yang dapat disebabkan oleh empat jenis nyamuk pembawa virus dapat menyebabkan gejala seperti demam sangat tinggi, sakit kepala parah, nyeri sendi dan otot dan pada saat yang sama, menimbulkan gejala gastrointestinal seperti mual, sakit perut dan diare.

Malaria, di sisi lain, yang disebabkan oleh parasit Plasmodium menyebabkan gejala yang parah seperti demam yang melemahkan disertai dengan menggigil, menggigil, mialgia yang hebat, sakit kepala, kelelahan, berkeringat dan kadang-kadang, kejang (dalam kasus yang jarang terjadi).

Sekarang, COVID-19, seperti yang telah kita pelajari lebih lanjut, dapat menyebabkan sejumlah gejala, yang dapat menyerang orang secara berbeda. 

Baik itu infeksi ringan, sedang atau berat, beberapa ciri umum adalah demam yang meningkat, kedinginan, batuk, pilek, sakit tenggorokan, kesulitan bernapas, sakit kepala, mialgia, kelelahan dan kelemahan yang hebat - yang semuanya dapat menyertai demam berdarah dan malaria dengan cara yang berbeda. 

Munculnya gejala-gejala seperti itu dapat mempersulit seseorang untuk memastikan penyakit apa yang mungkin menjadi perhatian, tanpa diagnosis yang tepat.

Apakah ada gejala yang harus diwaspadai?

Flu

Photo :
  • Times of India

Seperti disebutkan di atas, gejala yang tumpang tindih dapat membuat sulit untuk membedakan antara penyakit atau menunda pengobatan tepat waktu. Meskipun melakukan tes adalah satu-satunya cara nyata untuk mengklarifikasi keraguan Anda, ada beberapa perbedaan kecil yang mencolok antara ketiga penyakit virus:

-Hilangnya indra penciuman dan perasa mungkin hanya ada pada COVID-19

-Saluran pernapasan bagian atas dan tanda-tanda peradangan seperti batuk, perubahan suara, iritasi tenggorokan mungkin tidak muncul pada demam berdarah dan malaria, padahal itu adalah ciri khas utama dari infeksi COVID-19.

-Gejala gastrointestinal, seperti mual dan diare mungkin tidak selalu menimpa mereka yang terinfeksi COVID-19 (karena gejala tersebut terkait dengan varian virus yang lebih baru, bukan jenis aslinya).

-Sesak napas, nyeri dada, atau masalah pernapasan biasanya tidak menyertai demam berdarah dan malaria

- Demam berdarah dan malaria sering dimulai dengan sakit kepala atau lemas, yang mungkin tidak selalu terjadi jika Anda telah terpapar COVID-19.

Tingkat keparahan yang terkait dengan infeksi virus corona mungkin tidak terlihat pada demam berdarah atau malaria, tetapi tetap saja, masih cukup mengkhawatirkan sehingga membutuhkan bantuan dan pengobatan yang tepat waktu.

Apa lagi yang harus diperiksa?

Ilustrasi Tes Demam Berdarah

Photo :
  • U-Report

Terlepas dari gejala yang tercantum di atas, demam berdarah, malaria, dan COVID-19 memiliki beberapa perbedaan, yang mungkin ingin diketahui oleh seseorang yang dicurigai terinfeksi:

-Waktu inkubasi dan timbulnya gejala penyakit berbeda- sedangkan gejala COVID-19 dapat muncul hanya dalam 2-3 hari pascakontraksi, malaria dan demam berdarah, menyebar melalui mosgigitan quito memiliki waktu onset yang lebih lama, dan bahkan terkadang menyerang hanya 22-25 hari.

-Intensitas dan jenis infeksi COVID-19, jauh lebih parah dan kompleks, serta dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Tingkat keparahan juga berkorelasi dengan faktor risiko yang signifikan, termasuk usia dan kekebalan, yang biasanya tidak terlihat pada demam berdarah, malaria.

-Baik demam berdarah dan malaria juga tidak menular, yaitu, tidak dapat menyebar dari orang ke orang. COVID-19, di sisi lain, sangat menular, jika praktik pencegahan seperti pemakaian masker, desinfeksi, jarak tidak diperhatikan.

- Demam berdarah dan malaria, dianggap lebih berisiko bagi seseorang yang tinggal di daerah tropis, dengan risiko yang diketahui sama. COVID-19, tidak seperti mereka, dapat menyerang kapan saja dan menyebar melalui area penularan yang tinggi.

Bagaimana cara menghindari risiko koinfeksi saat ini?

Memakai masker

Photo :
  • Times of India

Masalah koinfeksi, COVID-19 dengan demam berdarah atau malaria bersama-sama, juga merupakan faktor risiko ekstrem saat ini, dan dilaporkan di beberapa rumah sakit.

Tidak hanya secara klinis mungkin untuk mengembangkan penyakit bersama-sama, tetapi mereka juga dapat memperpanjang waktu pemulihan dan menimbulkan masalah. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah risiko koinfeksi, dan tetap aman.

-Tetap mengikuti perilaku yang sesuai COVID-19, termasuk masker, jarak sosial dan menghindari tempat-tempat ramai.

-Mencegah pengumpulan air di sumbernya, yang dapat menyebabkan kontaminasi dan perkembangbiakan nyamuk.

-Menggunakan obat nyamuk dan memakai pakaian tertutup

-Memiliki pola makan dan gaya hidup yang baik untuk meningkatkan kekebalan dan menjaga kesehatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya