Apakah Masturbasi itu Sehat? Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

ilustrasi masturbasi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak stigma seputar masturbasi — baik untuk pria maupun wanita. Namun sebagian besar dokter menganggapnya tidak hanya aman tetapi juga perilaku seksual yang sehat dan bagian penting dari kesehatan seksual secara keseluruhan. 

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Banyak bukti manfaat masturbasi untuk pria dan wanita lebih terkait dengan orgasme daripada masturbasi, kata Nicole Prause, ahli saraf yang mempelajari perilaku seksual dan fisiologi dan pendiri perusahaan bioteknologi seksual Liberos, dikutip dari Insider.com. Saat orgasme, tubuh melepaskan banyak hormon, termasuk:

Endorfin, yang dikenal dapat mengurangi rasa sakit.

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Oksitosin, yang membantu mengatur stres, rasa sakit, ketakutan, dan kesejahteraan

Serotonin, yang mengurangi stres dan membantu menyeimbangkan suasana hati

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Akibatnya, masturbasi yang menghasilkan orgasme dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti:

-Peningkatan relaksasi

-Mengurangi stres dan kecemasan

-Lebih baik tidur

-Meredakan sakit kepala

-Seks berpasangan yang lebih baik

-Meningkatkan kepuasan seksual

-Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa masturbasi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Masturbasi juga bisa lebih menyenangkan daripada melakukan tindakan seksual dengan pasangan karena memudahkan segala jenis tekanan.

"Bagi banyak orang, ketika mereka masturbasi, terutama sendirian, ada komponen relaksasi di dalamnya. Mereka tidak merasa perlu untuk tampil ketika mereka hanya ada untuk diri mereka sendiri," kata Susan Milstein, seorang pendidik seksualitas bersertifikat dan profesor kesehatan dan kinesiologi di Texas A&M University. 

Jika Anda mencoba untuk tidak berhubungan seks atau khawatir tentang risiko kehamilan atau infeksi menular seksual (IMS), masturbasi juga bagus.

"Ini benar-benar salah satu bentuk seks teraman di luar sana, selama Anda tidak berbagi mainan dan membersihkan di antaranya," kata Milstein.

Ilustrasi masturbasi.

Photo :
  • dok. pexels

Manfaat masturbasi bagi wanita

Masturbasi memiliki beberapa keuntungan unik bagi wanita.

Lebih banyak orgasme

Wanita umumnya klimaks lebih cepat dan mudah selama masturbasi daripada seks. Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2017 yang mensurvei lebih dari 52.000 orang dewasa menemukan bahwa hanya 65% wanita heteroseksual dan 66% wanita biseksual yang biasanya mencapai orgasme saat berhubungan seks. Di sisi lain, 95% pria heteroseksual yang ejakulasi secara teratur saat berhubungan seks.

Alasan mengapa wanita lebih jarang orgasme saat berhubungan seks mungkin karena mereka berjuang untuk menemukan preferensi mereka, kata Milstein, apalagi mengomunikasikannya.

Tetapi masturbasi dapat membantu dengan itu karena menawarkan kesempatan bagi wanita untuk lebih berhubungan dengan tubuh mereka, sehingga mereka tahu bagaimana perasaan mereka dan apa yang mereka butuhkan.

Untuk sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada 2014 di International Journal of Impotence Research, para peneliti melaporkan bahwa 35% wanita yang secara teratur mencapai klimaks saat berhubungan seks juga melakukan masturbasi dibandingkan dengan hanya 9% wanita yang mencapai klimaks saat berhubungan seks dan tidak melakukan masturbasi.

Lebih sedikit kram

Selama periode Anda, rahim Anda berkontraksi untuk melepaskan lapisannya, yang dapat menyebabkan kram yang menyakitkan. Tapi orgasme meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan melepaskan endorfin, yang bisa meredakan kram. Ini adalah alasan yang sama mengapa olahraga juga dapat membantu menghilangkan kram menstruasi.

Alternatif untuk seks kehamilan

Wanita yang sedang hamil mungkin lebih menikmati masturbasi daripada seks berpasangan, kata Milstein. Itu karena seks dengan pasangan bisa lebih canggung tergantung pada tahap kehamilan Anda.

Selain itu, beberapa pasangan pria khawatir akan menyakiti janin, jadi masturbasi mungkin tidak terlalu menegangkan. Tapi seks saat hamil sangat aman bagi ibu dan anak.

Manfaat masturbasi untuk pria

Ada lebih sedikit manfaat yang unik untuk masturbasi pada pria tetapi masih perlu diperhatikan.

Mengurangi risiko kanker prostat

Ada beberapa bukti, termasuk studi 10 tahun terhadap hampir 32.000 pria yang diterbitkan pada 2016 di European Urology, bahwa masturbasi dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat pada pria.

Milstein mengatakan sebagian besar penelitian menunjukkan ejakulasi adalah apa yang menurunkan risiko kanker, apakah itu melalui "seks berpasangan, bahkan mimpi basah, atau masturbasi." Teorinya adalah bahwa "Anda seperti membuang sistem," atau menyingkirkan bakteri atau racun yang berpotensi bermasalah yang dapat menyebabkan kanker, katanya.

Baik Milstein dan Prause mengatakan bahwa penelitian tentang kanker prostat telah dicampur. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 menemukan beberapa faktor, seperti rentang usia peserta studi, dapat memperumit keputusan yang jelas tentang apakah ejakulasi terkait dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

Puaskan dorongan seks yang tinggi

Karena kadar testosteron pria yang lebih tinggi - yang berkontribusi pada libido - dorongan seks biasanya lebih tinggi pada pria daripada wanita. Oleh karena itu, masturbasi mungkin merupakan cara yang bagus bagi pria dalam hubungan heteroseksual untuk mengelola dorongan mereka yang meningkat. Prause mengatakan beberapa pria mengatakan bahwa mereka menggunakan masturbasi sebagai cara untuk mengurangi beban seksual pada pasangan mereka.

Efek samping masturbasi

Tentu saja ada beberapa potensi kerugian masturbasi jika Anda tidak berhati-hati.

Penyakit kelamin dan infeksi

Meskipun masturbasi umumnya lebih aman dalam hal penyebaran infeksi menular seksual, masih ada risikonya. Saat berbagi mainan, pilih bahan keras yang tidak keropos untuk memudahkan pembersihan.

Kesehatan mental

Masturbasi kadang-kadang dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental. Kadang-kadang orang merasa bersalah ketika mereka masturbasi, yang dapat mencegah mereka dari sepenuhnya bersantai dan menikmati pengalaman itu.

"Ini adalah salah satu hal yang kita perlukan untuk mulai normalisasi dan berdiskusi, terutama dengan wanita," kata Milstein.

Ia menambahkan, "Saya pikir kita perlu memberi ruang untuk percakapan itu. Jika itu terasa baik untuk Anda, itu bagian penting dari itu, dan itu tidak mengancam hubungan Anda."

Ilustrasi garis polisi.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Mayat korban ditemukan dalam koper di semak-semak.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024