Ramai COVID-22, Begini Klarifikasi Ilmuwan Pencetusnya

Virus corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan COVID-22. COVID-22 ini disebut sebagai varian baru virus corona yang lebih kuat dibanding varian delta.

COVID-22 ini pertama kali muncul dari seorang profesor dari Sistem dan Imunologi Sintetis di Universitas ETH Zurich, Profesor Sai Reddy. Dalam wawancaranya dengan surat kabar berbahasa Jerman, Blick pada 22 Agustus lalu, Sai Reddy, membahas potensi munculnya varian COVID di masa depan yang berpotensi lebih buruk daripada yang pernah dialami dunia sejauh ini.

Reddy kemudian menggambarkan varian delta tidak lagi COVID-19 dan malah menyebutnya sebagai "COVID-21."

"Ini adalah fase pandemi berikutnya ketika Beta atau Gamma menjadi lebih menular atau Delta mengembangkan mutasi lai. Itu akan menjadi masalah besar untuk tahun mendatang. COVID-22 bisa menjadi lebih buruk daripada kita sekarang. bersaksi sekarang," kata dia kepada surat kabar itu.

Kutipan itu telah diambil oleh outlet berita lain dengan tajuk utama yang memperingatkan varian baru yang disebut "COVID-22" yang bisa lebih buruk daripada delta.

Tetapi, profesor yang juga dosen honorer senior bidang virologi di University of Kent,Jeremy Rossman mengatakan tidak benar memberi label varian COVID dengan cara ini dan mengatakan tidak ada yang namanya COVID-22.

"Kriteria untuk varian baru yang disebut COVID-22 tidak ditentukan saat ini; namun, ini kemungkinan perlu menjadi spesies virus baru dan bukan hanya varian baru. Sebagai referensi, kami hanya memiliki satu spesies COVID-19 saat ini," kata dia kepada Newsweek.

Bahkan dengan varian COVID saat ini, kata dia para ilmuwan belum mengidentifikasi mutasi genetik yang menyebabkan virus menjadi spesies yang sama sekali baru sehingga istilah COVID-22 atau COVID-21 diperlukan. Rossman menambahkan bahwa mungkin saja kita tidak akan pernah menggunakan istilah seperti ini.

Di sisi lain,  profesor di School of Molecular and Cellular Biology di University of Leeds, Mark Harris, menyebut istilah COVID-22 "tidak membantu dan tidak akurat."

"COVID adalah singkatan dari Penyakit Coronavirus. Virus yang menyebabkan ini adalah SARS-CoV-2. Delta bukan COVID-21 atau varian dari COVID-19—ini adalah varian dari SARS-CoV-2. Setiap varian di masa depan juga akan menjadi SARS-CoV-2," kata dia.

Klarifikasi ilmuwan pencetus COVID-22

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak


Di sisi lain, Rabu pekan ini Profesor Reddy mengklarifikasi komentarnya dalam sebuah pernyataan kepada Newsweek, bahwa dia tidak mengharapkan reaksi seperti itu di media sosial.

"Saya tentu saja setuju bahwa penggunaan istilah yang tepat dan benar untuk penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 adalah COVID-19. Sayangnya, saya tidak menyadari bahwa saya menggunakan istilah 'COVID-21' atau 'COVID-22' yang akan menyebabkan reaksi seperti itu," kata dia.

Reddy menambahkan bahwa, yang ingin disampaikannya adalah ketika SARS-CoV-2 berevolusi secara harfiah, pemikiran kita tentang bagaimana merespons dan menangani pandemi juga harus berkembang.

Reddy mengatakan bahwa negara-negara di seluruh dunia telah terjadi pelonggaran lockdown, namu ketika beberapa kasus meningkat, kembali melakukan lockdown ketat lagi.

"Sekarang ketika kita mulai berpikir tentang 2022, kita perlu mempertimbangkan kembali bagaimana menanggapi COVID-19. Pikiran saya yang disebutkan di atas memperjelas bahwa meningkatkan vaksinasi dan akses ke vaksinasi adalah prioritas yang paling penting," kata dia.

Selain terminologi, kekhawatiran tentang varian masa depan yang muncul sangat nyata, kata Rossman.

"Terlepas dari penamaannya, ada risiko nyata dari varian masa depan. Setiap kali virus menginfeksi seseorang, itu berubah sedikit. Sejak awal pandemi, kita telah melihat virus berubah, menjadi semakin menular. Baru-baru ini kita telah melihat varian yang mulai agak menghindari perlindungan yang diberikan oleh vaksin. Kemungkinan tren ini akan berlanjut ke masa depan dengan varian yang mungkin terus menjadi lebih menular dan lebih kebal vaksin," kata dia.

Harris juga mengatakan orang harus khawatir tentang varian masa depan dan memastikan akses yang sama ke vaksin di seluruh dunia akan mengurangi prevalensi virus dan dengan demikian mengurangi kemungkinan munculnya varian baru.

Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024