Penyebab Mimpi Basah dan Artinya Bagi Kesehatan Reproduksi

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Mimpi basah adalah ketika seseorang orgasme tanpa disengaja saat mereka tidur karena mimpi, baik erotis maupun tidak. Biasanya, ketika seorang laki-laki mengalami mimpi ini, saat terbangun celana atau pakaian akan basah. Hal ini terjadi karena air mani atau sperma dilepaskan saat ejakulasi.

Mimpi Basah saat Tidur Siang Membatalkan Puasa? Ini Kata Buya Yahya

Melansir dari Medical News Today, Selasa, 31 Agustus 2021, mimpi basah tidak disebabkan karena masturbasi saat tidur atau tanpa stimulasi manual. Sebuah penelitian menunjukkan, 8 persen mimpi memiliki kandungan seksual. Dalam studi yang sama, baik pria maupun wanita mengalami orgasme sekitar 4 persen dari mimpi erotis mereka.

Mimpi basah identik dikaitkan dengan masa pubertas remaja. Mimpi basah umumnya dialami remaja laki-laki, tapi ada juga perempuan yang mengalaminya. Dalam dunia kesehatan, mimpi basah dikenal dengan emisi nokturnal.

Mimpi Basah Bisa Batalkan Puasa? Begini Jawaban Buya Yahya

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu mimpi basah, ciri-ciri mimpi basah, sampai penyebabnya.

Apa itu mimpi basah dan ciri-cirinya?

Mimpi Basah dan Keluar Air Mani di Siang Hari Bisa Batalkan Puasa? Begini Kata Buya Yahya

Dilansir dari Medical News Today, mimpi basah adalah istilah orgasme yang terjadi tanpa disengaja saat seseorang sedang tidur dan bermimpi. Mimpi yang terjadi saat mimpi basah tidak selalu berupa mimpi erotis, tapi juga bisa mimpi lainnya.

Istilah mimpi basah muncul karena seseorang terbangun dengan celana yang basah. Melansir Kid’s Health, ciri-ciri mimpi basah pada remaja laki-laki ditandai dengan keluarnya sperma dari ejakulasi saat tidur dan membuat celana basah.

Cairan sperma ini berbeda dengan urine atau kencing. Cairannya berupa lendir yang lengket dan menempel di celana.

Sedangkan bagi remaja perempuan, ciri-ciri mimpi basah ditandai dengan keluarnya cairan pelumas dari vagina saat tidur. Cairan pelumas yang bisa membuat celana lembab ini berupa lendir bening atau keputihan yang tidak berbau.

Namun, cairan yang keluar saat mimpi basah pada perempuan tidak sebanyak laki-laki. Untuk itu, mimpi basah lebih identik dengan laki-laki.

Penyebab mimpi basah

Mimpi basah adalah sesuatu yang normal dan menjadi bagian dari kesehatan reproduksi. Dilansir dari Verywell Health, mimpi basah terjadi tanpa disertai rangsangan atau stimulasi seksual. Seseorang bisa mimpi basah ketika sudah jarang orgasme.

Ada juga teori yang menyebut, mimpi basah muncul saat kadar hormon testosteron sedang tinggi. Mimpi basah biasanya terjadi saat tidur memasuki Fase Rapid Eye Movement atau fase bermimpi.

Masa pubertas

Masa pubertas merupakan masa yang pasti akan dilewati semua orang. Dengan kata lain, puber adalah tahapan ketika anak menjadi lebih dewasa secara seksual. Pada anak laki-laki, mereka akan melewati masa pubertas pada kisaran 12-16 tahun.

Pada masa pubertas, mimpi basah akan lebih sering terjadi karena perubahan hormonal. Selain itu, hal ini sering terjadi selama masa remaja karena anak laki-laki yang lebih muda mungkin tidak sering melakukan masturbasi atau berhubungan seks, sehingga sperma akan dilepaskan saat tidur.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan mimpi basah juga bisa terjadi selama masa dewasa. Namun, kadar hormon pada orang dewasa jauh lebih konsisten, sehingga kecil kemungkinan mereka mengalami mimpi basah.

Kandung kemih penuh

Kandung kemih yang penuh juga menjadi salah satu penyebab mimpi basah. Seperti dikutip dari Young Mens Health Site, peningkatan hormon testosteron atau kelebihan cairan semen yang tidak dikeluarkan bisa menjadi penyebab mimpi basah. Emisi noktural terjadi karena adanya tekanan atau stimulasi pada alat kelamin oleh kasur, mimpi erotis, dan kandung kemih penuh.

Salah satu penyebab mimpi basah adalah karena tidur tengkurap. Meski tidak selalu memicu terjadinya mimpi basah, tidur tengkurap membuat orang tersebut rentan mengalami mimpi erotis. Meski begitu, masih perlu banyak penelitian untuk memastikan apakah posisi tidur berperan menyebabkan mimpi basah.

Minimnya aktivitas seksual

Penyebab mimpi basah selanjutnya, yaitu minimnya aktivitas seksual. Umumnya, mimpi basah akan sering terjadi pada pria yang belum memiliki pasangan. Selain itu, mimpi basah juga kerap terjadi pada pria yang jarang melakukan masturbasi.

Meski begitu, nyatanya tidak semua pria akan mengalami mimpi basah. Ada beberapa pria yang jarang atau bahkan tidak pernah mengalami mimpi basah, walaupun sudah memasuki usia produktif.

Stimulasi tidur

Tubuh akan mengalami relaksasi dan aliran darah akan deras membanjiri daerah kemaluan saat tidur. Posisi dan pergerakan tidur bisa menyebabkan stimulasi atau rangsangan pada daerah kemaluan. Hal inilah yang terkadang menjadi penyebab mimpi basah.

Apakah sering mimpi basah termasuk kondisi normal?

Mimpi basah merupakan bagian yang normal dari masa pertumbuhan. Walaupun tidak selalu dialami oleh semua laki-laki, sebagian besar dapat mengalaminya pada masa pubertas. Beberapa di antaranya bahkan mengalami mimpi basah hingga dewasa.

Namun, frekuensi terjadinya mimpi basah biasanya semakin jarang seiring bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan penyebab mimpi basah, yakni kondisi hormonal, sudah semakin stabil. Anda mungkin saja mengalami beberapa hal berikut:

  • Tidak pernah mengalami mimpi basah
  • Mimpi basah beberapa kali selama masa remaja
  • Sering mimpi basah saat remaja, tetapi tidak mengalaminya setelah dewasa
  • Mimpi basah yang terjadi berkali-kali sepanjang hidup.

Terlepas apakah Anda tidak pernah, jarang, atau sering mengalami mimpi basah, semuanya adalah hal yang normal. Penyebab mimpi basah bisa memiliki dampak berbeda bagi masing-masing individu. Seseorang mungkin saja mengalami mimpi basah beberapa kali dalam seminggu, sementara yang lainnya hanya mengalami 1-2 kali mimpi basah seumur hidupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya