Zaidul Akbar Ungkap Nasi Putih yang Lebih Sehat, Seperti Apa?

Nasi Putih
Sumber :
  • vstory

VIVA – Nasi putih merupakan bahan makanan pokok masyarakat Indonesia. Nasi putih sering dikonsumsi untuk sarapan, makan siang hingga makan malam. Bahkan bagi masyarakat Indonesia, belum makan nasi putih berarti belum makan saat itu.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Nasi putih memang memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Adanya karbohidrat pada nasi sangat berguna dalam memberikan asupan energi pada tubuh. Selain itu, nasi juga kaya akan Vitamin B1 (tiamin) yang sangat berguna dalam membantu proses metabolisme karbohidrat dan magnesium.

Namun mengonsumsi nasi putih pun harus diperhatikan jumlahnya jangan sampai berlebihan. Nasi putih mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Kelebihan karbohidrat bisa memberi dampak bagi kesehatan yakni dapat mengalami peningkatan jumlah lemak yang tidak sehat.

Biasanya Jadi Panutan, Nikita Willy Kali Ini Dikritik karena Biarkan Anak Makan Sambil Ngantuk

Asupan karbohidrat bisa meningkatkan jumlah lemak trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah jenis zat yang bisa menyebabkan masalah kesehatan tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu masalah yang bisa timbul adalah sakit jantung akibat kelebihan jumlah trigliserida.

Meski begitu, masyarakat masih tetap bisa mengonsumsi nasi putih. Namun, pendakwah dr. Zaidul Akbar menjelaskan untuk mengubah sedikit ketika mengolah nasi putih.

3 Toko Roti di Gaza Dibuka Kembali untuk Pertama Kalinya Sejak Perang Israel-Hamas Oktober 2023

"Anda boleh makan nasi putih tapi diubah sedikit nasi putihnya sehingga tidak berat di badan. Caranya ambil bawang merah, bawang putih, sereh tumis dengan minyak zaitun di api kecil atau tumis dengan minyak kelapa hingga keluar aroma sedikit kasih sedikit garam dan lada hitam lalu masukkan ke dalam nasi," kata dr. Zaidul Akbar seperti dikutip dalam channel YouTube officialnya.

dr. Zaidul Akbar melanjutkan, memasukkan cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan sereh ke dalam nasi dapat membantu tubuh dalam mencerna nasi.

"Nasinya ketika kita masukkan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, sereh nasinya ada temennya gak hanya gula sehingga buat badan ga berat untuk dicerna," kata beliau.

dr. Zaidul Akbar menambahkan, nasi tersebut bisa ditambahkan dengan sambal kurma.

"Lalu makan dengan sambal terbaik yakni sambal kurma. Sambal kurma ini isinya bawang putih, cabai rawit, garam, kurma aduk-aduk di nasinya cemplungin ke situ itu makanan terbaik untuk usus kita tempe. enak banget," jelas dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya