16 Cara Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Membandel

penyebab-munculnya-flek-hitam
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menghilangkan flek hitam yang membandel dengan cepat bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh seorang perempuan. Biasanya hal ini muncul ketika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Sebab, sinar matahari meningkatkan produksi sel melanosit yang dapat menghasilkan pigmen melanin atau pigmen pengatur warna kulit. Dari seluruh bagian tubuh, wajah adalah salah satu bagian yang rawan mengalami flek hitam. Karena wajah merupakan organ tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari.

Flek hitam ini biasanya muncul sebagai tanda penuaan dan tanda Kesehatan kulit yang tidak terjaga dari jerawat menahun, sinar uv, kosmetik, bahkan kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu, penting untuk memahami bagaimana cara menghilangkan flek hitam yang membandel sekaligus menjaga kesehatannya.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Untuk menjaga kulit bisa dilakukan dengan cara memakai tabir surya, mencukupi cairan tubuh, banyak makan buah dan sayur. Dengan menjaga kelembapan pada kulit wajah dan menghidrasi tubuh adalah salah satu cara menghilangkan flek hitam yang membandel. Nah, berikut VIVA sajikan secara lengkap mengenai cara menghilangkan flek hitam yang membandel disadur dari beberapa sumber.

Lantas, Bagaimana Cara Menghilangkan Flek Hitam yang Membandel?
Lemon

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Lemon

Photo :
  • U-Report

Salah satu cara menghilangkan flek hitam yang membandel secara secara alami adalah dengan menggunakan air perasan lemon. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Cara menghilangkan flek hitam secara alami dengan air perasan lemon mudah dilakukan. Anda bisa mencelupkan kapas ke dalam sedikit perasan lemon, lalu usapkan secara merata ke wajah Anda. Kemudian, bilas wajah Anda setelahnya.

Lidah buaya

Ramuan lidah buaya

Photo :
  • U-Report

Gel lidah buaya mengandung polisakarida. Polisakarida ini dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Demikian juga, dapat menyembunyikan bintik hitam yang membandel. Bahan alami ini juga sangat aman digunakan.

Cara menghilangkan flek hitam yang membandel diawali dengan mencuci lidah buaya. Kemudian potong satu sisi lidah dan keluarkan gelnya. Kemudian oleskan gel tersebut ke wajah yang memiliki flek hitam. Biarkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Pepaya

Ilustrasi masker pepaya.

Photo :
  • vstory

Karena kandungan enzim papain, pepaya dapat mencerahkan kulit. Selain itu, pepaya juga membantu membersihkan kotoran wajah dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Oleh karena itu, pepaya sangat cocok untuk menghilangkan flek hitam yang membandel di wajah.

Cara menghilangkan flek hitam yang membandel adalah dengan menghaluskan buah pepaya. Kemudian oleskan pada wajah yang memiliki flek hitam. Diamkan selama 20 menit. Kemudian basuh wajah dengan air bersih.

Madu

Madu

Photo :
  • Times of India

Manfaat madu berasal dari kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit, sehingga dapat mencerahkan kulit terutama yang memiliki bekas jerawat. Anda bisa mengoleskan madu secara langsung dan tipis-tipis pada permukaan kulit. Kemudian, diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kandungan madu dapat membantu mengatasi masalah pigmentasi pada kulit.

Anda juga bisa membuat scrub dengan campuran madu dan garam atau gula untuk menghilangkan flek hitam yang membandel di wajah Anda. Scrub wajah tersebut juga bagus untuk menghilangkan sel kulit mati.

Cuka Apel

Cuka sari apel

Photo :
  • Pinkvilla

Bintik-bintik hitam di wajah dapat disebabkan oleh efek samping dari metode kontrasepsi (seperti pil KB atau kontrasepsi suntik). Oleh karena itu, cara alami menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Manfaat cuka sari apel pada wajah berasal dari kandungan asam asetatnya, menurut penelitian yang diterbitkan oleh NCBI dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Cara membuatnya, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes cuka sari apel dan air dalam mangkuk kecil. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke area kulit yang terdapat flek hitam atau bekas jerawat. Diamkan selama 2-3 menit. Selanjutnya, bilas wajah Anda dengan air hangat. Ini secara alami dapat menghilangkan bintik hitam di hidung dan pipi, dua kali sehari untuk hasil terbaik.

Kacang almond

Kacang almond.

Photo :
  • Pinkvilla

Almond membantu mencerahkan warna kulit sekaligus menghilangkan bintik hitam dan bekas luka yang membandel. Almond kaya akan vitamin E, antioksidan dan lemak sehat, yang juga membantu menjaga kulit supaya tetap bersih dan mulus.

Cara menggunakan almond untuk menghilangkan flek hitam, mulailah dengan mengambil 8-10 buah almond, lalu rendam dalam susu dan biarkan semalaman. Kupas dan giling almond keesokan harinya. Tambahkan 1 sendok teh bubuk cendana dan 1 sendok teh madu.

Campur semua bahan untuk membuat pasta masker, lalu oleskan pasta tersebut pada wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas. Gunakan masker ini sekali atau dua kali seminggu

Jeruk nipis

Jeruk Nipis

Photo :
  • U-Report

Jeruk nipis mengandung senyawa alami alpha hydroxy acid (AHA). Senyawa ini dikatakan mampu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang membandel. Ini memiliki efek yang baik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus.

Cara menghilangkan flek hitam yang membandel, pertama siapkan 2-3 buah jeruk nipis. Dibagi menjadi 2 bagian. Peras dengan saringan. Oleskan air jeruk nipis di wajah Anda. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Putih telur

Masker putih telur.

Photo :
  • U-Report

Putih telur bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam yang membandel. Putih telur mengandung enzim lysozom. Kandungan ini dapat mengangkat debu dan sel kulit mati. Sehingga secara efektif dapat menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

Yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan telur. Pisahkan putih dari kuning. Kocok putih telur hingga mengembang. Oleskan pada bagian jerawat dan bekas luka. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Bawang bombai

Bawang bombai.

Photo :
  • Pixabay/Couleur

Siapa sangka bawang bombai bisa menjadi cara alami menghilangkan flek hitam. Bawang bombai dapat digunakan sebagai eksfoilator untuk membantu mencerahkan kulit. Anda hanya perlu mengoleskan bawang bombai pada wajah yang terdapat flek hitam. Kemudian, bilas wajah Anda dengan air hangat.

Kentang

Kentang.

Photo :
  • U-Report

Sedikit orang yang tahu bahwa kentang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam yang membandel. Kentang dipercaya mengandung zat alami yang dapat membantu mencerahkan kulit. Anda bisa membuat masker alami dengan kentang tumbuk, 1 sendok teh jus lemon dan sendok teh susu bubuk (opsional).

Mentimun

Ilustrasi mentimun.

Photo :
  • U-Report

Kandungan air yang terdapat dalam mentimum sangat tinggi dan bisa mengatur keseimbangan air di dalam tubuh. Selain itu, mentimun juga memiliki manfaat lain untuk perawatan kulit dan kencantikan. Mentimun adalah salah satu buah yang kaya akan serat dan mineral untuk memperbaiki sel kulit, anti oksidan yang tinggi, dan bisa meredakan peradangan pada kulit.

Cara menggunakannya, ambil 1 buah mentimun kemudian tumbuh sampai halus. Langkah selanjutnya, tambahkan 1 sendok gel lidah buaya. Aduk sampai merata dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat flek hitam.

Bawang Merah

Bawang Merah

Photo :
  • Pixabay/ Marco Costanzi

Bawang merah adalah salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam yang membandel. Bawang merah akan berperan sebagai zat pemutih yang bisa membantu untuk memudarkan flek hitam karena memiliki sifat yang asam.

Cara menghilangkan flek hitam yang membandel memakai bawang merah dapat dimulai dengan memotong secara tipis-tipis. Setelah itu, usapkan dua sampai tiga kali pada area flek hitam.

Buah Alpukat

Buah alpukat.

Photo :
  • U-Report

Alpukat adalah satu buah yang akan manfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik pada kulit. Buah berwarna hijau ini mengandung vitamin C, vitamin E, serta antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu, banyak yang memakai buah alpukat sebagai masker untuk memaksimalkan perawatan wajah secara alami.

Cara menggunakannya, pilih alpukat yang segar dan matang sempurna. Setelah itu, potong menjadi dua bagian dan pisahkan bagian isinya ke dalam mengkuk kecil. Kemudian haluskan daging alpukat tersebut. oleskan pada seluruh bagian wajah terutama pada bagian flek hitam. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Yogurt

Ilustrasi yogurt.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan flek hitam yang membandel akibat KB juga bisa dengan menggunakan yogurt lho. kandungan asam laktat yang ada di dalam yogurt dipercaya bisa membantu menyamarkan noda hitam.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, pilihlah yogurt tanpa rasa. Kemudian, oleskan yogurt secara tipis-tipis pada permukaan wajah yang ternoda flek hitam. Biarkan selama beberapa menit kemudian bilas sampai bersih.

Teh hijau

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Teh hijau bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam yang membandel. The hijau mengandung epigallocatechin-3-gallete (EGCG) yang dapat menghambat proses terjadinya hiperpigmentasi yang bisa berujung pada munculnya flek hitam. Bahan ini juga mengandung asam galat dan asam ellagic yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk caranya, kamu bisa menyeduh satu buah kantong teh hijau dalam air panas selama 3-5 menit. Angkat dan diamkan sampai dingin. Setelah itu. Gosokkan bekas seduhan kantong teh hijau pada flek hitam. Lakukan cara ini dua kali sehari untuk hasil maksimal.

Santan

Santan.

Photo :
  • U-Report

Pasti tidak banyak orang yang mengira kalau santan adalah salah satu cara untuk menghilangkan flek hitam yang membandel. Terdapat beberapa manfaat santan untuk kecantikan wajah, seperti membersihkan sel-sel kulit mati, melembapkan kulit, mencegah jerawat, dan lain sebagainya.

Cara menggunakannya, tuangkan 1 sendok pada tangan. Kemudian oleskan pada seluruh wajah sambil dipijat lembut. Kemudian bersihkan memakai tisu wajah dan ulangi di keesokan harinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya