Bahaya! 10 Makanan Ini Tak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Ilustrasi microwave.
Sumber :
  • Pexels/Lisa

VIVA – Keberadaan microwave diakui bisa memudahkan dalam urusan memasak. Waktu menjadi lebih efisien dan efektif dengan menggunakan teknologi ini.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Microwave bekerja menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Pemanfaatan radiasi gelombang mikro inilah yang menjadikan makanan panas dan renyah.

Namun, tak semua jenis makanan bisa dipanaskan dengan microwave. Berikut ini adalah makanan yang berbahaya jika dipanaskan menggunakan microwave.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Daging olahan

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Daging olahan mengandung banyak bahan kimia dan pengawet sehingga memanaskannya di microwave bisa membuatnya lebih tidak sehat. Jika diolah dengan cara yang salah, daging olahan berpotensi menimbun kolesterol dan membahayakan arteri serta jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan, memanaskan kembali daging olahan dengan gelombang radiasi mikro berkontribusi pada pembentukan produk oksidasi kolesterol, yang dikaitkan dengan perkembangan jantung koroner.

Telur rebus

Telur rebus, baik yang dikupas atau tidak, bila dipanaskan dengan microwave bisa menimbulkan kelembapan di dalamnya sehingga menciptakan uang yang ekstrem. Seperti miniatur pressure cooker, hal itu bisa menimbulkan ledakan.

Untuk mencegah hal tidak diinginkan itu, potong-potong kecil telur sebelum dipanaskan. Namun, sebaiknya panaskan telur menggunakan wajan dan kompor.

Ayam

Ayam adalah makanan yang berisiko terkontaminasi salmonella, jadi hindari memanaskannya dengan microwave. Penting diketahui bahwa gelombang mikro panasnya tidak selalu membunuh bakter karena gelombang ini hanya memanaskan dari permukaan saja, bukan dari dalam ke luar.

Dengan demikian, makanan yang dipanaskan kembali dan memiliki bakteri tertentu berisiko lebih tinggi menyebabkan penyakit ketika sel-sel ini bertahan hidup.

Karena gelombang mikro tidak sepenuhnya memasakan seluruh bagian daging, kemungkinan bakteri tetap hidup akan lebih besar.

Buah

Dalam sebuah video, Stephen Bosi, PhD, dosen fisika di University of New England menunjukkan dua potong anggur biasa dalam microwave dapat membuat plasma yang cukup untuk melelehkan lubang melalui wadah plastik. Plasma adalah bentuk materi yang terbentuk ketika gas terionisasi dan membiarkan aliran listrik.

Plasma mungkin tidak diproduksi dari buah-buahan lain, tetapi Anda perlu waspada untuk memasukkan buah-buahan ke dalam microwave. Buah utuh cenderung memerangkap uap di bawah dagingnya, artinya bisa meledak saat dipanaskan.

Masih ada sederet makanan lain yang berbahaya jika dipanaskan menggunakan microwave. Baca selengkapnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya