Mengenal Varian Baru COVID-19 Mu yang Kebal Terhadap Vaksin

Mutasi Virus Corona
Sumber :
  • vstory

VIVA – Selasa 31 Agustus 2021 lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan adanya varian baru COVID-19 Mu. Varian baru COVID-19 Mu ini pertama kali ditemukan di Kolombia pada Januari lalu.

Varian virus corona baru yang dikenal sebagai "Mu" sedang dipantau secara ketat, setelah wabah varian muncul di Kolombia dan Jepang baru-baru ini mengkonfirmasi dua kasus pertamanya pada orang yang datang dari luar negeri.

Lantas seperti apa karakteristik dari varian Mu ini? Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang varian Mu seperti dilansir dari laman Asiaone.

Apa itu varian COVID-19 Mu?
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa lalu mengatakan sedang memantau varian baru COVID-19 yang dikenal sebagai "Mu".

Diklasifikasikan sebagai "varian of Interest" (VOI), WHO telah memperingatkan bahwa varian tersebut telah menunjukkan tanda-tanda kemungkinan resistensi terhadap vaksin dan sedang memantaunya dengan cermat.

Varian Mu, juga dikenal secara ilmiah sebagai B1621, pertama kali diidentifikasi di Kolombia pada Januari tahun ini, dan memiliki "konstelasi mutasi yang menunjukkan sifat potensial untuk lolos dari kekebalan, catat pembaruan mingguan WHO yang diterbitkan pada 31 Agustus.

Di mana varian baru COVID-19 Mu itu muncul?

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Virus corona atau covid-19

Photo :
  • Times of India

Sementara ini lebih dari 4.500 urutan varian telah muncul di setidaknya 40 negara, pembaruan mengatakan bahwa prevalensinya telah menurun. Namun, prevalensi varian di Kolombia (39 persen kasus) dan Ekuador (13 persen) telah meningkat secara konsisten.

Pada Rabu 1 September lalu, Jepang telah mengkonfirmasi kasus pertama varian tersebut pada dua traveler dari Inggris dan Uni Emirat Arab, kata The Japan Times.

Menurut pelacak varian oleh GISAID, dua kasus juga telah ditemukan di Hong Kong, serta lebih dari 2.000 di Amerika Serikat. Kasus varian Mu juga telah dilaporkan di Inggris dan berbagai negara Eropa.

Apa itu varian of Interest?

VOI WHO menunjukkan bahwa galur tersebut memiliki perubahan genetik yang dapat mempengaruhi karakteristik virus, seperti peningkatan penularan, keparahan penyakit, pelarian kekebalan, pelarian diagnostik atau terapeutik.

VOI juga telah diidentifikasi menyebabkan transmisi komunitas yang signifikan atau beberapa klaster COVID-19 di banyak negara. VOI lain yang disebutkan oleh WHO termasuk Eta, Iota, Kappa dan Lambda.

Apakah variannya lebih menular? Bagaimana pengaruhnya terhadap vaksin yang ada?

Data awal menunjukkan bahwa Mu mungkin lebih mudah menghindari perlindungan vaksin, mirip dengan yang terlihat untuk varian Beta.

Menurut The Guardian, penilaian risiko yang dirilis oleh Public Health England bulan lalu menunjukkan varian tersebut setidaknya sama tahannya dengan varian Beta terhadap kekebalan, tetapi tidak mungkin menjadi lebih menular daripada varian Delta.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui lebih banyak tentang karakteristik varian dan pembaruan WHO mencatat bahwa epidemiologi Mu akan dipantau untuk perubahan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Lancet Infectious Diseases pada 13 Agustus menunjukkan bahwa varian Mu memiliki "dua kasus potensi lolos dari vaksin" dan mencatat bahwa beberapa mutasi lonjakan dalam Mu "telah dilaporkan menunjukkan penurunan netralisasi oleh antibodi".

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa keberadaan mutasi strain yang terkait dengan pelepasan vaksin mungkin memerlukan reklasifikasi Mu ke varian yang menjadi perhatian.

https://www.asiaone.com/world/what-mu-covid-19-variant-and-why-it-interest-now

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Pemerintah Waspadai Masuknya Varian Mu

Pemerintah mewaspadai mutasi virus Corona varian baru dengan kode B.1.621 atau dikenal Mu. Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan salah satu cara mewaspadainya adalah memantau secara ketat orang yang datang dari luar negeri. Sekadar diketahui, varian ini terdeteksi di Kolombia dan menyebar di Amerika Selatan dan Eropa.

"Pemerintah terus berusaha mengawasi mobilitas dalam dan luar negeri dengan penuh kehati-hatian," kata Wiku dalam siaran pers daring, Kamis 2 September 2021.

Ahli penyakit infeksi menular itu menjelaskan, meski saat ini kenaikan kasus cenderung normal, pemerintah tidak langsung membuka secara massif kegiatan masyarakat. Tetapi dilakukan secara bertahap. Maka kegiatan atau mobilitas masyarakat dibuka dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan yang ketat.

Wiku menjelaskan varian Mu telah ditetapkan oleh badan kesehatan dunia atau WHO sebagai variant of interest yang berpotensi lebih kebal terhadap vaksin COVID-19.

"Status VoI diberikan kepada varian yang sedang diamati untuk dapat memberikan kesimpulan bahwa varian ini bersifat lebih infeksius dibandingkan varian originalnya," tutur Guru Besar di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia tersebut.

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong akan mengundurkan diri dari jabatannya bulan depan. Wakilnya, Lawrence Wong, yang nantinya akan mengambil alih jabatan ter

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024