8 Sayuran untuk Diet Pemula, Efektif Pangkas Berat Badan!

ilustrasi sayuran.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat diet untuk menurunkan berat badan, kamu tentunya akan mengonsumsi makanan yang bisa mendukung program diet, seperti sayur. Bagi para pemula yang baru ingin mencoba diet, terdapat banyak sayuran untuk diet pemula yang bisa dicoba.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Berat badan yang tidak seimbang tidak hanya bisa memengaruhi kepercayaan diri, tetapi juga tidak baik untuk kesehatan. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan komplikasi lainnya.

Meskipun begitu, tak bisa dimungkiri pula bahwa menurunkan berat badan tidak semudah yang dibayangkan. Namun, kamu bisa mengubah gaya hidup dan pola makan secara perlahan untuk mendapatkan berat badan ideal.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Sejumlah sayur memiliki kemampuan untuk membakar lemak. Artinya, dengan mengonsumsi makanan tersebut kamu bisa mencapai tujuan diet secara alami sekaligus mendapatkan manfaat lainnya dari sayur-sayuran.

Melansir laman NDTV, Selasa, 7 September 2021, berikut ini 8 sayuran untuk diet pemula yang efektif bisa membantu penurunan berat badan.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

1. Bayam dan sayuran hijau lainnya

Bayam dan sayuran hijau lainnya, seperti kale dan selada, mengandung banyak nutrisi dan bisa membantu membakar lemak pada perut. Hal ini sudah dibuktikan oleh sejumlah studi yang menyatakan bahwa bayam merupakan sayuran yang sangat sehat dan bisa membakar lemak.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menambahkan bayam sebagai lauk di menu sarapan atau makan siang untuk membantu pembakaran lemak.

2. Jamur

Jamur merupakan sayuran yang disukai banyak orang. Selain enak, jamur kaya akan protein  dan bisa membantu meningkatkan metabolisme yang membantu penurunan berat badan. Adapun jamur bisa meregulasi kadar glukosa dalam darah yang juga bisa menurunkan berat badan.

3. Kembang kol dan brokoli

Kaya akan kandungan serat, mineral, dan vitaminnya, kembang kol dan brokoli mengandung fitokimia yang membantu penghancuran lemak dalam tubuh. Selain mengenyangkan, kembang kol juga bisa membantu melawan rasa kembung dan mengandung fitonutrien sulforaphane, folat, dan vitamin C.

4. Labu

Rendah kalori dan tinggi serat, labu merupakan salah satu sayuran untuk diet pemula terbaik yang bisa membantu menurunkan berat badan. Bisa dikonsumsi dalam berbagai cara, labu bisa membantu kamu mencapai tujuan diet dengan efektif.

5. Wortel

Wortel merupakan sayuran lainnya yang rendah kalori dan cocok untuk dikonsumsi saat sedang diet. Wortel kaya akan serat larut dan serat tidak larut, sehingga dapat membantu penurunan berat badan.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkan wortel dengan sayuran lainnya, sebagai jus, atau dimasak bersama daging.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan makanan paling sehat yang bisa dikonsumsi, terutama saat sedang diet. Sebab, jenis makanan yang satu ini bisa menurunkan berat badan dan kaya akan serat larut yang bisa membantu melawan inflamasi yang menyebabkan akumulasi lemak perut.

Bahkan, beberapa penelitian mengaitkan konsumsi kacang-kacangan dengan penurunan risiko obesitas.

7. Asparagus

Meski tidak sepopuler sayuran lainnya, asparagus merupakan jenis sayuran yang efektif untuk membakar lemak dan melangsingkan tubuh. Sebab, asparagus mengandung bahan kimia asparagin, yang merupakan alkaloid yang bekerja langsung pada sel dan dapat memecahkan lemak.

8. Timun

Timun merupakan sayuran untuk diet pemula lainnya yang bisa membersihkan sistem pencernaan dengan adanya kandungan air dan serat. Selain itu, timun juga mengenyangkan, sehingga kamu tidak akan mudah lapar usai mengonsumsinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya