Benarkah Masturbasi Ampuh Cegah Kanker Prostat?

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kanker prostat menjadi momok menakutkan bagi banyak pria lantaran berisiko terhadap angka kematian yang tinggi. Tak sedikit yang berusaha melakukan beragam upaya pencegahan, termasuk dengan masturbasi. Namun, apakah itu langkah tepat?

Dokter Boyke Ungkap Fetish Seks dengan Mayat hingga Penyebabnya

Dijabarkan Ketua Prostate Cancer Awareness Month, dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp. U (K) Ph.D., dalam berbagai pandangan, masturbasi masih menjadi perdebatan. Untuk itu, cara paling baik untuk ejakulasi adalah dengan berhubungan intim dengan pasangan.

"Masturbasi masih ada perdebatan dari sisi agama juga. Paling bagus hubungan suami sitri. Dan ini (pencegahan kanker) biasanya dikaitkan dengan ejakulasi yang perlu rutin," tuturnya dalam acara virtual, beberapa waktu lalu.

Dokter Boyke Ungkap Ada Fetish Nyleneh, Terangsang Jika Cium Popok Bayi

Kaitan antara rutinnya ejakulasi dan pencegahan kanker prostat, memang telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Namun, hal ini hanya salah satu dari sekian banyak faktor yang dapat memicu kanker prostat. Pada prinsipnya, melakukan ejakulasi dengan rutin dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

"Tapi (masturbasi) bisa juga dilakukan pada saat istrinya nggak bisa lakukan hubungan seks, mungkin karena ada penyakit yang diderita. Karena kalau ejakulasinya tidak dikeluarkan malah timbul penyakit lain," tuturnya.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Lebih dalam, untuk menjalani hubungan intim sebagai bentuk pencegahan kanker prostat pun tak perlu neko-neko. Dokter Agus hanya menyarankan untuk melakukan seks yang normal dengan hubungan kasih sayang yang sehat bersama pasangan.

"Normal dan sehat-sehat aja, jangan aneh-aneh. Jangan ikuti film-film vulgar dan ilegal. Karena terutama itu tadi, kaitannya kesehatan psikis dengan kehidupan pasangan," jelas dokter spesialis urologi itu.

Selain bersenggama, cara mencegah kanker prostat juga dilakukan melalui pola hidup sehat yakni porsi yang sehat, perbanyak komposisi sayur dan buah serta minimalisir lemak. Juga, rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya