Resep Teh Serai untuk Atasi Peradangan hingga Bau Badan

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Serai kerap digunakan untuk bumbu dapur, baik itu sebagai penyedap rasa maupun penambah aroma. Namun, manfaat serai ternyata lebih dari itu lantaran mampu menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Apa saja ya?

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Pakar Herbal, dr. Sri Rezeki Endang, M.Si., menjelaskan bahwa manfaat serai bisa membantu mengatasi bau badan. Tak hanya itu, rempah satu ini juga memiliki sifat antibakteri sehingga membantu mengatasi peradangan.

"Daun sereh tahunya hanya untuk masak, cuma dipotong-potong dikit. Padahal penggunaannya banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Efek sampingnya juga nggak ada ada," ujarnya dalam acara Hidup Sehat TvOne, beberapa waktu lalu.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Kalau pun berlebihan saat dikonsumsi, efek sampingnya masih ringan yakni mual. Namun, apabila diaplikasikan secukupnya, maka manfaat kesehatannya begitu luar biasa untuk digunakan di seluruh tubuh.

"Kalau (serai) dihaluskan, bisa untuk kulit misal, ada bisul. Dia juga sebagai diuretik atau perlancar buang air kecil," imbuhnya.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Namun, karena sifatnya sebagai diuretik, maka disarankan agar pasien hipertensi bisa membatasi asupannya dan dijeda satu jam dengan obat dokter. Nah, bagaimana resep sehat dengan serai ya? Berikut bahan dan cara mengolahnya.

Resep Teh Serai

Bahan-bahan

-Lemon
-Madu
-Kayu manis 3 butir
-Morina (daun kelor) secukupnya

Cara mengolah

1. Didihkan air. Masukan kayu manis dan daun serai.

2. Setelah beberapa menit, tambah daun kelor beberapa helai. Tunggu 15 menit. Matikan kompor.

3. Tuang dan saring didihan air, tambah lemon dan madu secukupnya.

"Sebaiknya minum pagi dan sore, sehari 2 kali karena itu jam-jam baik untuk minum racikan. Proses metabolismenya baik di jam tersebut," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya