10 Manfaat Buah Labu Kuning Baik Untuk Ibu Hamil

Labu Kuning
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Manfaat buah labu kuning sangat baik untuk kesehatan tubuh. Labu kuning memiliki nama latin Cucurbita moschata, merupakan salah satu jenis buah yang biasa dijadikan sebagai campuran kolak, pudding, atau makanan lainnya.

Ramalan Zodiak Selasa 9 April 2024, Virgo Harus Berhati-hati

Buah labu bisa diolah dengan cara dikukus, dipanggang, atau dijadikan sup. Biji labu kuning juga dapat dikonsumsi dan memiliki gizi yang cukup tinggi. Labu kuning mengandung vitamin B, vitamin K, folat, serta beragam antioksidan, seperti antosianin, lutein, kolin, dan karoten. 

Buah labu sangat cocok dikonsumsi oleh siapapun, terutama bagi ibu hamil. Buah labu kuning sangat baik untuk tubuh karena terkandung nutrisi yang lengkap.

Ramalan Zodiak Senin 8 April 2024, Sagitarius: Ada Kesempatan Menyambut Cinta Masa Lalu

10 Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan

Beragam nutrisi yang terkandung di dalam labu kuning, menjadikan buah ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat labu kuning yang perlu kamu ketahui yang dikutip dari berbagai sumber:

Persiapan Mudik Bawa Anak, Waspada Gejala dan Pertolongan Pertama

1. Sumber Energi dan Nutrisi

Labu kuning merupakan sumber energi dan nutrisi. Setidaknya, labu kuning memiliki 19 vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk Kesehatan tubuh, terutama ibu hamil dan janin.

Buah ini mengandung serat, protein, kalium, kalsium, magnesium, dan antioksidan. Nutrisi ini sangat bagus untuk tumbuh kembang janin.

Labu kuning juga memiliki kalori yang rendah gula, sehingga aman bagi ibu hamil. Kalori ini dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil, dan mencegah dehidrasi karena mengandung air hingga 90 persen.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Labu kuning merupakan salah satu sumber vitamin A yang baik untuk Kesehatan mata. Bahkan, kandungan vitamin A di dalam labu kuning lebih banyak dari wortel. Selain itu, buah labu kuning juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin.

3. Menurunkan Berat Badan

Buah labu kuning merupakan sumber serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan. Labu kuning juga tergolong rendah kalori dan tidak berlemak. Kandungan tersebut sangat cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan.

4. Menekan Risiko Terkena Kanker

Labu kuning mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan beta karoten yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan nutrisi tersebut, dan mengonsumsi buah labu ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mencegah penyakit kanker.

5. Melancarkan Pencernaan

Karena kandungan serat dan air dalam buah labu kuning, maka bisa memperlancar pencernaan. Hal ini dijadikan buah labu kuning sangat bagus untuk mencegah dan menangani sembelit.

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan kalium, serat, dan antioksidan yang terkandung pada labu kuning merupakan sumber nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan jantung.

Kalium berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil, sedangkan serat dan antioksidan dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin A dan antioksidan yang terkandung pada labu kuning juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh. Sehingga daya tahan tubuh lebih kuat dalam melawan kuman dan virus penyebab penyakit. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah labu ini juga dapat mempercepat pemulihan saat terkena influenza.

8. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Daging buah dan biji labu kuning mengandung beragam nutrisi yang penting untuk organ otak, seperti kolin, magnesium, serat, dan antioksidan lutein. Berbagai kandungan nutrisi tersebut diketahui berperan penting dalam memelihara fungsi otak dan mengurangi risiko demensia atau pikun.

Selain itu, lutein yang terkandung pada labu kuning juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat serta konsentrasi dan kemampuan belajar.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika kamu kesulitan tidur, kamu bisa mengonsumsi biji labu kuning sebelum tidur. Biji labu kuning merupakan sumber alami triptofan, yaitu salah satu jenis asamamino, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Biji labu kuning ini juga mengandung zinc yang dapat membantu otak untuk menghasilkan hormon serotonin melatonin, yaitu hormon yang bertugas dalam mengatur siklus tidur.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, kandungan beta karoten pada labu kuning juga dapat membuat kulit kamu terlihat lebih sehat dan awet muda. serta  melindungi kulit dari kerusakan akibat terkena sinar matahari.

Kamu bisa mengolah buah labu dengan menjadikannya sebuah masker alami untuk melindungi kulit kamu.Caranya dengan menghaluskan kulit labu kuning hingga menjadi seperempat bagian cangkir.

Campurkan dengan putih telur, 1 sendok makan madu dan susu, lalu aduk hingga merata. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 10 hingga 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Buah labu kuning memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, namun perlu diketahui bahwa berlebihan mengonsumsi buah yang memiliki kandungan vitamin A akan menimbulkan keracunan vitamin A.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya