Tips Jitu Agar Bayi Cepat Gemuk dalam Satu Minggu

bayi
Sumber :
  • unsplash.com

VIVA – Setiap anak yang lahir merupakan karunia dari tuhan yang sudah di titipkan melalui orangtuanya masing-masing, setiap orangtua pasti senang ketika anaknya lahir dengan sehat dan sempurna.

Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

Dan setelah melalui perjalanan panjang selama 9 bulan, ketika sang buah hati lahir setiap orangtua khususnya Ibu, pasti selalu menjaga dan mengasihi dengan sepenuh hati. Terutama pada kesehatan dan nutrisi yang di berikan kepada sang buah hati.

Biasanya bayi yang baru lahir sekitar 1-4 minggu akan mengalami penurunan berat badan. Menurut Michelle LaRowe, penulis Mom's Ultimate Book of Lists, jangan terlalu khawatir jika bayi kehilangan beberapa gram berat badanya setelah kelahiran.

Pasal Tembakau di RPP Kesehatan Dinilai Ancam Pelaku Usaha dan Budaya Indonesia

Ketika baru lahir, berat badan bayi mengandung banyak cairan dalam tubuh yang akan hilang dalam beberapa hari.  Sebagian besar bayi kehilangan 1/10 dari berat badannya selama lima hari pertama dan berat badan akan naik kembali dalam lima hari berikutnya. Pada hari kesepuluh, berat badan biasanya akan kembali ke berat lahir. Kutipan dari laman IDAI

Dan perlu di ingat berat bayi yang sehat akan mendapatkan kembali lahirnya dalam 10-12 hari, rata-rata pertambahan berat badan adalah 20-30 gram per hari sehingga pada usia satu bulan berat badan bayi akan mencapai empat kilogram.

4 Tahap Memaafkan, Penting Agar Rasa Marah Tidak Sampai Mengganggu Kesehatan

Nah pada ulasan berikut kami akan memberi tips jitu agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu, dan supaya menjaga kesehatan luar dalam pada perkembangan bayi, berikut tipsnya ;

Tips Jitu Agar Bayi Cepat Gemuk Dalam 1 Minggu

Agar para orang tua bisa dengan mudah menjadikan buah hatinya gemuk dan sehat, simak ulasan berikut tips merawat bayi yang baru lahir agar cepat gemuk dan sehat.

1. Berikan Asupan Susu ASI

Tips pertama yang harus para ibu lakukan adalah memberikan ASI (Air Susu Ibu) Eksklusif kepada sang buah hati. ASI merupakan sumber makan alami baik untuk kesehatan si kecil. Dikutip dari studi National Institutes of Health, bayi prematur yang disusui secara eksklusif oleh ibu kandung mereka selama 24 minggu pertama kehidupan, menunjukkan kenaikan berat badan yang signifikan. Namun ASI masih menjadi pemikiran awam untuk beberapa orang. Tak sedikit yang menganggap ASI yang di berikan ibu membuat bayi kekurangan berat badan.

Padahal memberikan ASI secara Eksklusif sangat bagus di bulan pertama hingga bulan ketiga. Tapi perlu di ketahui buah hati yang di beri ASI saja tidak cukup untuk membuah buah hati menjadi gemuk. Maka dari itu para ibu harus memberikan nutrisi dan gizi tambahan.

2. Susu Formula yang Banyak Mengandung Gizi dan Nutrisi untuk Bayi

Kemudian di tips berikutnya para ibu harus memberikan susu formula yang banyak mengandung gizi dan nutrisi. Karena ada beberapa bayi yang tidak bisa menerima asupan ASI. Untuk membantu agar buah hati tetap mendapatkan nutrisi, ibu dapat melakukan konsultasi kepada dokter anak untuk menentukan dan mengetahui susu formula yang cocok untuk anak yang baru lahir.

Susu formula bisa untuk meningkatkan berat badan pada bayi dengan cepat, karena biasanya susu formula mengandung gula. Para Ibu juga diharuskan konsultasi kepada dokter anak agar tidak salah memberi susu formula pada buah hati kamu.

3. Menjaga dan Memperhatikan Waktu Tidur Bayi

Jam istirahat atau jam waktu tidur bayi juga mengaruh pada perkembangan bayi, namun aktivatis bayi hanyalah tidur dan makan. Dua hal ini yang bisa membuat berat badan bayi cepat menggemuk.

Hal ini perlu di perhatikan dikarenakan si kecil mulai mengeksplor banyak hal. Apalagi banyak perkembangan lainnya yang mulai dikuasai. Misalnya saja merangkak. Semakin aktif anak, agar kondisinya tetap fit usahakan si kecil juga memiliki jam istirahat yang cukup.

Berikut tips yang harus kamu lakukan untuk menjaga waktu tidur sang buah hati :

- Sediakan tepat tidur yang nyaman serta sejuk, agar sang bayi betah dan lama saat beristirahat

- Selalu pastikan tempat tidurnya aman, sehingga ketika bayi bergerak saat tidur tidak terjatuh

- Ikuti pola tidur bayi selama 16 jam sehari. Tetapi, harus di perhatiakan jam bayi menerima asupan susu ASI atau susu formula, agar bayi tidak kelaparan

Masih banyak sekali tips dan trick untuk menggemukan berat badan bayi, seperti Jaga kesehatan dan kebersihan bayi dengan baik, memberikan buah (alpukat dan pisang), dan selalu memberi kasih sayang yang tulus pada buah hati. Semoga tips di atas bisa di praktekan untuk para ibu, agar sang buah hati menjadi anak yang sehat, cerdas, dan berprestasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya