4 Buah Ini Baik untuk Mengatur Kadar Hormon Tiroid

jeruk
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Gaya hidup modern dan kebiasaan makan yang buruk telah memberi jalan bagi banyak masalah kesehatan. Ini telah menyebabkan peningkatan drastis dalam sindrom metabolik dalam tiga dekade terakhir. Salah satu yang paling umum adalah gangguan tiroid.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di tengah leher bagian bawah. Meskipun merupakan organ kecil, ia memiliki banyak peran penting dalam tubuh kita. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroid yang membantu mengontrol pertumbuhan, perbaikan sel, dan metabolisme. 

Setiap ketidakseimbangan dalam jumlah hormon yang diproduksi oleh kelenjar dapat menyebabkan kelelahan, rambut rontok, penambahan berat badan, merasa kedinginan, dan merasa sedih, di antara banyak gejala lainnya.

Resep Sederhana Kue Nastar Untuk Lebaran, Isian Lembut dan Renyah

Ada dua jenis utama penyakit tiroid - hipotiroidisme (lebih sedikit hormon yang diproduksi) dan hipertiroidisme (lebih banyak hormon yang diproduksi). Kedua kondisi tersebut disebabkan oleh penyakit berbeda yang memengaruhi cara kerja kelenjar tiroid.

Diet memainkan peran penting dalam mengelola gejala penyakit tiroid. Diet yang bergizi dan seimbang mungkin tidak membantu mengatasi masalah tiroid, tetapi dapat mengurangi gejalanya jika dipasangkan dengan obat yang tepat. 

Selama Ramadan, ASN Tangerang Wajib Ikut Pengajian Gantikan Apel Pagi

Mengonsumsi makanan yang kaya akan beberapa nutrisi penting seperti Yodium, Kalsium, dan Vitamin D dapat membantu meminimalkan gejala. Berikut adalah empat buah yang dapat membantu mengatur kadar tiroid dikutip dari Times of India.

Apel

Manfaat buah apel

Photo :
  • U-Report

Apel adalah salah satu makanan paling sehat dan cukup populer di seluruh dunia. Makan apel sehari dapat mencegah penambahan berat badan, menjaga kadar gula darah tetap terkendali dan juga kelenjar tiroid dalam keadaan bekerja. 

Studi menunjukkan bahwa apel dapat mendetoksifikasi tubuh Anda yang membantu kelenjar tiroid berfungsi dengan baik. Apel juga menurunkan kadar kolesterol dan melindungi dari diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Berry

Menjadi kaya akan antioksidan, buah beri sangat baik untuk organ tiroid Anda. Mereka membantu merangsang produksi hormon tiroid dan membuatnya berfungsi dengan lancar. Buah beri juga mengandung vitamin dan mineral yang melindungi kita dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Buah beri juga merupakan pilihan buah yang disukai jika Anda menderita diabetes dan penambahan berat badan, dua masalah yang umum terjadi pada kasus penyakit tiroid. 

Jeruk

Kaya akan Vitamin C dan antioksidan, Jeruk dapat menetralkan radikal bebas, melindungi sel-sel Anda dari kerusakan lebih lanjut. Radikal bebas menyebabkan peradangan pada kelenjar tiroid dan dapat memengaruhi fungsinya. 

Vitamin C juga meningkatkan kekebalan, menjaga gula darah, mengatur kadar kolesterol, mencegah kerusakan kulit dan membantu menyembuhkan luka.

Nanas

Gambar buah nanas.

Photo :
  • U-Report

Nanas mengandung vitamin C dan mangan dalam jumlah tinggi, kedua nutrisi ini dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Buah ini juga mengandung Vitamin B yang dapat membantu mengatasi kelelahan, salah satu gejala tiroid. Memiliki nanas juga baik untuk orang yang menderita kanker, tumor dan sembelit.

Makanan yang harus dihindari 

Dalam hal efisiensi kelenjar tiroid, Anda perlu menghindari beberapa makanan yang mungkin mengandung goitrogen. Jenis makanan ini harus dimakan dalam jumlah sedang. Selain itu, makanan olahan juga harus dibatasi.

Makanan olahan tinggi: Kue, kue kering, keripik

Makanan berbahan dasar kedelai: tahu, tempe, kacang edamame, susu kedelai, dll.

Buah-buahan tertentu: persik, pir

Minuman: kopi, teh hijau, dan alkohol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya