4 Buah Ini Baik untuk Mengatur Kadar Hormon Tiroid

jeruk
jeruk
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Gaya hidup modern dan kebiasaan makan yang buruk telah memberi jalan bagi banyak masalah kesehatan. Ini telah menyebabkan peningkatan drastis dalam sindrom metabolik dalam tiga dekade terakhir. Salah satu yang paling umum adalah gangguan tiroid.

Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di tengah leher bagian bawah. Meskipun merupakan organ kecil, ia memiliki banyak peran penting dalam tubuh kita. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroid yang membantu mengontrol pertumbuhan, perbaikan sel, dan metabolisme. 

Setiap ketidakseimbangan dalam jumlah hormon yang diproduksi oleh kelenjar dapat menyebabkan kelelahan, rambut rontok, penambahan berat badan, merasa kedinginan, dan merasa sedih, di antara banyak gejala lainnya.

Ada dua jenis utama penyakit tiroid - hipotiroidisme (lebih sedikit hormon yang diproduksi) dan hipertiroidisme (lebih banyak hormon yang diproduksi). Kedua kondisi tersebut disebabkan oleh penyakit berbeda yang memengaruhi cara kerja kelenjar tiroid.

Diet memainkan peran penting dalam mengelola gejala penyakit tiroid. Diet yang bergizi dan seimbang mungkin tidak membantu mengatasi masalah tiroid, tetapi dapat mengurangi gejalanya jika dipasangkan dengan obat yang tepat. 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan beberapa nutrisi penting seperti Yodium, Kalsium, dan Vitamin D dapat membantu meminimalkan gejala. Berikut adalah empat buah yang dapat membantu mengatur kadar tiroid dikutip dari Times of India.

Apel