Stres Akibat Pandemi? Coba Hirup Aroma Jeruk Purut

lustrasi menghirup udara bersih.
Sumber :
  • Air Specialist

VIVA – Jeruk purut memiliki khasiat tersembunyi yang tak dimiliki jenis buah serupa lainnya seperti lemon dan jeruk nipis. Salah satunya, jeruk purut mengandung antioksidan tinggi dan memiliki senyawa yang ampuh membuat tubuh lebih rileks.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pakar herbal dr. Wawaimuli Arozal M.biomed, PhD, mengatakan bahwa jeruk purut dengan dua jenis buah serupa lainnnya memiliki perbedaan yang mencolok dari tingkat keasaman. Jeruk purut memiliki tingkat asam yang sangat tinggi sehingga tak disarankan untuk pengidap maag.

Hanya saja, jeruk purut juga memiliki manfaat untuk mengatasi kondisi tubuh yang bermasalah. Di dalam jeruk purut, terdapat sifat antibakteri yang tinggi untuk meredam stres.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Di daun banyak esensial oil-nya. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kita lebih tenang saat menghirup aromanya, jadi bisa sebagai aromaterapi dari jeruk purut," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, baru-baru ini.

Tak melulu melalui minyak esensial, dokter Wawaimuli menyebut, ada cara alami untuk bisa mendapatkan manfaat dari jeruk purut yakni dengan diseduh. Menurutnya, aroma dari seduhan itu akan menguat dan membantu tubuh lebih rileks.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

"Diseduh, aromanya lebih kuat, dan masuk ke sistem saraf sehingga lebih menenangkan. Karena saluran penciuman kita masuk ke sistem saraf," jelasnya.

Selain meredam stres, jeruk purut juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit berbahaya, salah satunya kanker. Namun, hal tersebut masih di dalam penelitian di laboratorium dan belum skala besar di masyarakat.

"Meski membantu, penelitiannya masih dalam sel dan memang ada efek anti kanker. Tapi msh lingkup seluler atau skala lab. Bukan pada orang karena penyebaran sel kanker banyak faktor. Memang kandungan antioksidan yang tinggi mampu redakan rqdikal bebas termasuk pada sel kanker tadi," imbuhnya.

Dokter Wawaimuli membagikan resep untuk meredam stres melalui seduhan jeruk purut. Cukup sediakan teh celup dan buah jeruk purut untuk diperas. Setelah teh dicelup lima menit di air panas, tuang perasan jeruk purut secukupnya dan nikmati aromanya serta seruput selagi hangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya