Jenis Olahraga Ini Bisa Kontrol Gula Darah, Cocok Buat Pasien Diabetes

Diabetes
Diabetes
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Diabetes adalah suatu kondisi medis dimana gula darah dalam seseorang cukup tinggi. Artinya gula darah tidak dapat dimasukkan ke dalam sel tubuh kita. Maka dari itu, penting bagi penderita diabetes untuk mengontrol gula darahnya. Salah satunya dengan berolahraga.

Manfaat berolahraga bagi penderita diabetes sendiri ada berbagai manfaat. Manfaat utama dari berolahraga bagi penderita diabetes adalah mengontrol gula dalam darah. Sehingga tetap stabil dan ada di dalam batas yang normal.

Selain itu, berolahraga juga bermanfaat untuk mengontrol supaya tidak terjadi peningkatan yang tidak diinginkan. Hal ini karena dengan berolahraga sel dalam tubuh kita dapat mengolah makanan atau gula dalam darah.

Lantas jenis olahraga apa yang tepat untuk penderita diabetes? Terkait hal itu, Spesialis kedokteran olahraga, dr. Sophia Hage, Sp.KO menjalankannya dalam program Hidup Sehat TvOne, Jumat 17 September 2021.

Sophia menjelaskan ada dua jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes, pertama adalah olahraga yang sifatnya aerobik atau disebut olahraga kardio, yakni olahraga yang sifatnya meningkatkan denyut nadi atau denyut jantung. Jenis olahraga tersebut antara lain, jalan cepat, bersepeda, jogging, berenang.

Olahraga kedua yang dilakukan adalah olahraga yang sifatnya meningkatkan kekuatan otot, seperti melakukan squat, sit up, push up. Dijelaskan oleh Sophia olahraga yang dilakukan seharusnya berada di dalam frekuensi intensitas dan durasi tertentu.

"Untuk teman-teman yang diabetes, frekuensi yang harus dilakukan adalah 3-5 kali dalam seminggu, dan pastikan jika baru memulai olahraga jangan setiap hari, jeda setiap dua hari sekali," kata dia.