Daun Ini Dapat Cegah Diabetes dan Turunkan Gula Darah

daun kelor
daun kelor
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Daun kelor selama ini lebih dikenal sebagai bahan pangan yang biasanya diolah menjadi sayur. Padahal, daun kelor juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat, sebab ada banyak khasiat kesehatan yang bisa diperoleh dari daun kelor.

Spesialis gizi klinis, dr. Raissa Djuanda, MGizi, SpGK dalam program Hidup Sehat TvOne, Jumat 17 September 2021 menjelaskan bahwa daun kelor memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan juga berbagai vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, daun kelor mengandung banyak mineral seperti magnesium, kalium, dan zat besi.

Daun kelor memiliki antioksidan flavonoid yang cukup tinggi, dibandingkan dengan tanaman berdaun hijau lainnya. Raissa juga menjelaskan bahwa daun kelor memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat mencegah diabetes atau gula darah. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kelor, dapat meningkatkan kerja insulin dalam tubuh.

"Daun kelor juga bisa menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan kerja insulin dalam tubuh, namun harus berhati-hati jika sedang mengonsumsi obat-obatan diabetes, karena daun ini bisa berinteraksi obat tersebut. Jadi sebaiknya dikomunikasikan dengan dokter terlebih dahulu," kata dia.

Kedua, karena daun kelor mengandung kalium, dan magnesium yang tinggi sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Manfaat kesehatan lainnya, dapat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Selain itu manfaat penting lainnya berdasarkan penelitian, daun kelor ternyata dapat menghambat sel-sel kanker.

Raissa juga menjelaskan bahwa daun kelor juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena daun kelor diketahui memiliki kandungan vitamin A 10 kali lipat dibandingkan dengan wortel.

"Vitamin A dalam daun kelor 10 kali lipat lebih besar dibandingkan wortel jadi sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan. Tapi menjaga kesehatan mata, kata Raissa secara rutin perlu memerhatikan hal lain seperti mengurangi paparan terhadap gadget, menonton tv atau di depan layar komputer, kemudian konsumsi makan sehat," tutur Raissa.

Meski memiliki manfaat yang banyak, penting bagi masyarakat untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya. Sebab jika daun kelor dikonsumsi secara berlebihan dapat memiliki efek samping yang merugikan seperti alergi, mual, muntah, perut begah, sakit maag.

"Ada beberapa orang yang tidak boleh mengonsumsi daun kelor, yakni ibu hamil karena penelitian untuk ibu hamil sampai saat ini belum ada. Kemudian daun kelor ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal, karena daun ini mengandung kalium yang sangat tinggi jadi bisa memperberat kerja ginjal, kemudian orang yang memiliki alergi," kata Raissa.