Mengenal 7 Manfaat Galactomyces dan Efek Sampingnya Terhadap Kulit

Ilustrasi produk kecantikan.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Manfaat galactomyces untuk kulit sangat banyak sekali. Karena galactomyces adalah salah satu jenis jamur yang tergolong ke dalam famili Dipodascaceae. Jamur itu umumnya dimanfaatkan untuk bahan baku produk kecantikan kulit yang berbentuk galactomyces ferment filtrate (GFF), yaitu ragi padat nutrisi yang dibuat dari proses fermentasi sake.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Para pemakai skincare tentunya sudah tidak asing lagi dengan galactomyces. Saat ini galactomyces telah banyak ditemyukan dalam produk-produk kecantikan dan disebut-sebut dapat mencerahkan kulit dengan cepat.

Kepopuleran Galactomyces diawali dari salah satu pabrik Jepang yang pekerjanya mempunyai tangan mulus walaupun wajahnya tampak menua. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan galactomyces yang berperan penting membuat kulit mereka tanpa kerutan. Nah, berikut manfaat yang bisa kamu peroleh dari galactomyces yang dilansir dari fourseasonslasercenter.com.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Lantas, Apa Manfaat Galactomyces?

Dapat mengecilkan pori-pori

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Ilustrasi pori-pori wajah.

Photo :
  • U-Report

Mayoritas perempuan Indonesia yang tinggal di lingkungan panas dan lembap pasti pernah mengalami masalah pori-pori besar dan terbuka. Namun, untuk memperkecil pori-pori tak semudah yang dibayangkan.

Karena memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk membuatnya terlihat lebih kecil. Tapi, manfaat galactomyces ini dipercaya bisa membantu untuk menyamarkan pori-pori wajah secara efektif apabila dipakai secara rutin.  

Meratakan warna kulit

Ilustrasi kulit wajah

Photo :
  • Freepik/benzolx

Paparan sinar matahari secara langsung merupakan salah satu penyebab warna kulit wajah yang tampak tidak merata. Kulit akan memproduksi melanin secara berlebihan yang berdampak pada warna kulit menjadi tidak merata.

Memiliki warna kulit yang belang tentunya akan mengganggu penampilan menjadi tidak sempurna. Tapi, jangan khawatir karena kandungan dalam galactomyces bermanfaat untuk mengembalikan warna kulit. Pastikan juga untuk memakai sunscreen secara rutin, ya!

Mengatasi penuaan dini

Penuaan dini.

Photo :
  • U-Report

Manfaat galactomyces memang sangat banyak, misalnya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan merevitalisasi sel-sel kulit mati. Kandungan galactomyces ini sering ditemukan dalam beberapa produk khusus untuk anti-aging.

Selain itu, galactomyces juga bermanfaat membuat kulit tampak lembap lebih lama yang akan mencegah munculnya garis halus dan akan membuat tekstur kulit menjadi lebih kenyal.

Membantu mengatasi jerawat

Jerawat

Photo :
  • U-Report

Karena sifat antiradang yang dimiliki oleh galactomyces, ia bisa mencegah sekaligus mengobati jerawat. Selain itu, kemampuan yang dimiliki oleh galactomyces dalam mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi sebum yang juga bisa menurunkan risiko kemunculan jerawat.

Manfaat galactomyces yang lain adalah bisa membantu untuk melindungi jaringan kulit yang rusak. Hal ini memungkinkan kulit untuk kembali pulih setelah kemunculan jerawat.

Mengontrol produksi sebum

Sebenarnya sebum bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih kenyal dan elastis, tapi bila diproduksi secara berlebihan tentu akan memicu munculnya masalah besar pada kulit. Salah satunya adalah dapat menyumbat pori-pori sehingga akan menimbulkan jerawat.

Apalagi bila kamu malas untuk memberishkan wajah secara maksimal. Walaupun demikian, kamu dapat memanfaatkan kandungan dalam galactomyces untuk mengontrol produksi sebum dalam kulit sehingga kulit akan terbebas dari jerawat dan tampak lebih berkilap.

Menghidrasi dan melindungi kulit

Ilustrasi kulit dehidrasi.

Photo :
  • U-Report

Manfaat galactomyces juga terbukti bisa membantu untuk memperkuat lapisan pelindung kulit. Manfaat tersebut bisa membantu untuk melindungi kulit dari beberapa racun yang terdapat di lingkungan sekaligus menjaga kelembapannya.

Menguatkan skinbarrier

Skinbarrier mempunyai sifat yang mudah terkikis karena aktivitas sehari-hari, misalnya karena eksfoliasi berlebihan. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari bahwa lapisan kulit tersebut dapat melindungi dari polusi, kotoran, dan efek buruk dari paparan sinar UV.

Galactomyces sangat kaya akan vitamin dan anti-oksidan yang dipercaya bisa memperkuat skinbarrier. Kandungan dari bahan fermentasi ini juga akan membantu dalam mengunci kelembapan serta membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah.

Efek samping galactomyces

Alergi pada kulit.

Photo :
  • U-Report

Setelah kita mengetahui manfaat galactomyces yang sangat menjanjikan, ternyata juga memiliki efek samping terhadap penggunanya. Efek samping tersebut dapat terjadi pada orang-orang yang mempunyai alergi terhadap jamur.

Reaksi yang akan timbul bila kamu tidak cocok dengan kandungan pada galactomyces adalah breakout atau kemerahan sampai menimbulkan jerawat yang parah. Pemakaian galactomyces dapat memantik alergi yang akan menyebabkan gangguan kulit pada area yang memakai bahan tersebut dan malah semakin memperparah kondisi kulit.

Selain itu, bila kamu menderita Malassezia folikulitis, sebaiknya jangan memakai produk yang mengandung galactomyces. Kamu juga harus memperhatikan bahan-bahan lain dalam produk yang digunakan yang berpotensi memunculkan alergi. Oleh sebab itu, lakukan tes alergi sebelum memakai produk kecantikan yang ingin digunakan pada bagian kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya