Tes Antigen Positif Namun Tanpa Gejala, Ini yang Harus Dilakukan

Ilustrasi swab test/PCR/Antigen.
Ilustrasi swab test/PCR/Antigen.
Sumber :
  • Pixabay/neelam279

VIVA – Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun di dunia membuat masyarakat serba hati-hati. Tidak sedikit dari masyarakat yang kemudian selalu mengecek kesehatannya termasuk melakukan PCR tes antigen. Demi untuk memastikan dirinya positif COVID-19 atau tidak.

Tentu, setiap orang berharap untuk mendapatkan hasil negatif. Lantas bagaimana jika hasil tes PCR Antigen positif padahal tidak menunjukkan gejala alias Asymptomatic? Apa yang harus dilakukan?

Dilansir dari laman Asiaone, Direktur layanan medis Republik Kenneth Mak menjelaskan masyarakat yang tidak memiliki gejala yang dites positif COVID-19 harus menjalankan isolasi di rumah selama 72 jam.

Namun jika mereka mereka tidak sehat selama masa isolasi diri, mereka harus mengunjungi dokter umum sesegera mungkin.

"Apa yang ingin kami lakukan melalui rezim isolasi diri baru yang dimodifikasi ini adalah memberi Anda pemberdayaan untuk dapat bertanggung jawab atas kesehatan Anda sendiri... terutama jika Anda tidak menunjukkan gejala, untuk memungkinkan Anda melanjutkan sebanyak mungkin aktivitas Anda di masyarakat seaman mungkin," kata Associate Professor Mak.

Dia mengatakan isolasi mandiri ini juga akan membantu melindungi kontak rumah tangga individu, teman, kolega, dan komunitas dari risiko infeksi.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan seseorang jika dia dites positif menggunakan swab antigen COVID-19 mandiri dan tidak menunjukkan gejala.