Tes Antigen Positif Namun Tanpa Gejala, Ini yang Harus Dilakukan

Ilustrasi swab test/PCR/Antigen.
Sumber :
  • Pixabay/neelam279

VIVA – Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun di dunia membuat masyarakat serba hati-hati. Tidak sedikit dari masyarakat yang kemudian selalu mengecek kesehatannya termasuk melakukan PCR tes antigen. Demi untuk memastikan dirinya positif COVID-19 atau tidak.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Tentu, setiap orang berharap untuk mendapatkan hasil negatif. Lantas bagaimana jika hasil tes PCR Antigen positif padahal tidak menunjukkan gejala alias Asymptomatic? Apa yang harus dilakukan?

Dilansir dari laman Asiaone, Direktur layanan medis Republik Kenneth Mak menjelaskan masyarakat yang tidak memiliki gejala yang dites positif COVID-19 harus menjalankan isolasi di rumah selama 72 jam.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Namun jika mereka mereka tidak sehat selama masa isolasi diri, mereka harus mengunjungi dokter umum sesegera mungkin.

"Apa yang ingin kami lakukan melalui rezim isolasi diri baru yang dimodifikasi ini adalah memberi Anda pemberdayaan untuk dapat bertanggung jawab atas kesehatan Anda sendiri... terutama jika Anda tidak menunjukkan gejala, untuk memungkinkan Anda melanjutkan sebanyak mungkin aktivitas Anda di masyarakat seaman mungkin," kata Associate Professor Mak.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Dia mengatakan isolasi mandiri ini juga akan membantu melindungi kontak rumah tangga individu, teman, kolega, dan komunitas dari risiko infeksi.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan seseorang jika dia dites positif menggunakan swab antigen COVID-19 mandiri dan tidak menunjukkan gejala.

1. Berhenti Bekerja dan Batalkan Kegiatan Sosial
Individu harus mengisolasi dirinya untuk melindungi orang lain agar tidak terinfeksi virus COVID-19, kata Prof Mak. Ini akan menjadi hal yang bertanggung jawab secara sosial untuk dilakukan.

2. Jangan Terburu-buru ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit
Prof Mak mengatakan individu tanpa gejala yang dites positif menggunakan antigen rapid tests (ART) mandiri tidak perlu terburu-buru ke unit gawat darurat rumah sakit untuk dites COVID-19.

"Bahkan, jika dilarikan ke rumah sakit kecelakaan dan gawat darurat, Anda mungkin secara tidak sengaja membuat diri Anda lebih berisiko karena mungkin ada orang lain yang terinfeksi hadir di rumah sakit," tambahnya.

Setiap individu yang peduli dengan hasil tes ART dapat mengunjungi klinik Swab dan Send Home terdekat agar dokter di sana dapat menilai kondisinya.

3. Tetap di Rumah Setidaknya Selama 72 Jam Jika Memungkinkan & Lakukan Tes Setelahnya
Seseorang yang dites positif dalam tes ART dan dapat mengisolasi diri didorong untuk tinggal di rumah setidaknya selama 72 jam, kata Prof Mak.

Ini akan memungkinkan orang tersebut untuk pulih dengan aman, memantau kesehatannya dan tidak menyebarkan virus ke orang lain selama periode waktu ini.

Prof Mak mengatakan pada akhir 72 jam isolasi diri, individu didorong untuk melakukan tes lagi.

“Jika tes kedua Anda sekarang negatif, Anda kemudian dapat memiliki ketenangan pikiran mengetahui bahwa Anda telah pulih dari infeksi Anda. Anda dapat secara progresif melanjutkan aktivitas normal Anda (seperti) kembali bekerja, kembali ke aktivitas sosial," kata Mark.

4. Kunjungi Dokter Umum Jika Tidak Sehat Selama Isolasi
Jika individu merasa tidak sehat selama periode isolasi diri, ia harus mengunjungi dokter umum sesegera mungkin untuk dinilai.

Dokter akan memutuskan apakah tes swab PCR COVID-19 diperlukan untuk menentukan apakah ada infeksi, dan juga akan memberi tahu individu tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya