Ahli: Hindari 4 Buah Ini saat Sedang Diet

Buah-buahan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Buah-buahan dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan, mengatasi berbagai gangguan dalam tubuh, hingga membantu menurunkan berat badan. 

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Namun khusus yang sedang menjalani program diet, ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena mengandung tinggi kalori. Lalu, buah apa saja yang dimaksud? 

Dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Spesialis gizi klinik, dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, SpGK., menjelaskan saat sedang menjalani program diet, kita harus pintar memilih makanan atau minuman yang akan dikonsumsi. 

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

"Jadi, sebaiknya hindari yang kalorinya tinggi. Contohnya durian, mangga, alpukat, pisang. Nah, itu kalorinya tinggi semua," ujarnya di studio tvOne, Senin 20 September 2021. 

Dokter Raissa menerangkan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit masih diperbolehkan, asal tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak atau bahkan berlebihan. Lalu, buah apa saja yang baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan? 

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

"Kalau buah sebenarnya bagusnya dikombinasi. Jadi gak hanya makan buah itu terus satu hari. Konsumsinya juga buah-buah yang kalorinya rendah, contohnya apel, pir, pepaya, buah naga. Nah, itu boleh karena dia juga melancarkan pencernaan," terang dia. 

Dalam kesempatan itu, dokter Raissa turut memberikan tips jika ingin menjalankan program diet dengan cara yang sehat. 

"Pertama cairan harus tercukupi. Minimal banget 8 gelas per hari dan boleh banget dilebihin untuk yang mau nurunin berat. Dan yang kedua jangan pakai tambahan, baik itu pemanis, gula, sirup, krimer dan lain sebagainya," ungkap dia. 

Selanjutnya untuk buah dan sayur, Raissa menyarankan untuk mengonsumsinya secara langsung tanpa perlu diproses. 

"Biar seratnya dapet, vitamin-mineral juga gak hilang banyak. Dan yang keempat jangan lupa, tetap defisit kalori, lakukan aktivitas fisik secara rutin dan ikuti diet yang sehat," saran dr. Raissa Djuanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya