dr Zaidul Akbar: Stroke, Diabetes & Asam Urat, Gampang Atasinya!

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Syariat Islam tidak hanya mengajarkan tentang ilmu agama, tapi juga kesehatan. Bahkan, dokter sekaligus pendakwah, dokter Zaidul Akbar mengungkapkan bahwa semua syariat Islam itu menyehatkan. 

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Sayangnya, kebanyakan dari kita melakukannya karena kewajiban dan bukan untuk tujuan sehat. Maka dari itu, Zaidul menyarankan untuk menjalankan syariat Islam dengan baik. 

"Maka ada rukun Islam, sunnah-sunnah Nabi kita SAW, kita lakukan itu semua dengan baik, ngikutin bagaimana polanya aja. Gak usah 100 persen lah, 20-30 persen udah lumayan bagus," ujarnya dalam video yang diunggah di YouTube Bamol TV, dikutip VIVA, Rabu 22 September 2021. 

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Zaidul mencontohkan, bahkan mengatasi berbagai penyakit degeneratif sangat mudah jika kita mengikuti pola yang diajarkan Rasulullah SAW. 

"Contoh, mengatasi berbagai macam masalah penyakit degeneratif, seperti stroke, darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes), asam urat, bagaimana cara mengatasinya? Gampang sekali. Kalau kita ngikutin polanya Nabi dan memang sains menjelaskan tentang itu," sambung dia. 

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Lebih lanjut Zaidul menjelaskan, salah satu cara mengatasinya adalah dengan berpuasa. Lalu, puasa seperti apa yang harus dijalakan? 

"Ada puasa Senin - Kamis, 8, kemudian ada puasa Ayyamul Bidh, 3 kali sebulan. Plus ditambah lagi pada tanggal 17, 19 atau 21-nya kita berbekam. Sebuah metode pengobatan atau detoksifikasi yang luar biasa," ungkapnya. 

Menurut Zaidul, sebenarnya manusia tidak didesain oleh Allah SWT untuk sering mengonsumsi daging, apalagi setiap hari. Apa alasannya? 

"Karena gigi kita jumlahnya kan 32, empat gigi taring sisanya gigi seri sama geraham. Artinya, 4 taring itu porsi hewaninya cuma 15 persen, sisanya nabati. Kecuali giginya taring semua seperti singa. Tapi ternyata singa dalam sekali setahun, Allah ilhamkan kepada mereka untuk makan rumput. Ada videonya," terang dia. 

Zaidul menambahkan, itulah sebabnya ketika menjenguk keluarga atau kerabat yang sakit, mayoritas orang akan membawa buah-buahan. Apa arti atau pesannya? 

"Waktu ente lagi sehat makan ini barang, supaya badannya tetap fit. Masa depan kesehatan kita akan ditentukan 5-10 tahun ke depan dari apa yang kita makan hari ini," tegas dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya