Daun Lalapan Ini Bisa Atasi Jerawat dan Buat Wajah Awet Muda

jerawat
Sumber :
  • vstory

VIVA – Setiap orang tentunya menginginkan wajah yang cerah dan terlihat awet muda. Maka tidak heran jika mereka sering menyisihkan uang untuk perawatan wajah agar tetap sehat, cerah dan nampak awet muda.

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Dijamin Sembuh Seketika

Namun, kini masyarakat bisa merawat wajah mereka dengan menggunakan bahan dapur di rumah. Salah satunya memanfaatkan daun kemangi. Ya, siapa sangka daun kemangi yang sering dimanfaatkan untuk lalapan dan bumbu dapur ini ternyata bisa dijadikan sebagai ramuan yang mampu membuat wajah tampak awet muda.

Manfaat daun kemangi bagi wajah bisa diperoleh dengan menjadikannya sebagai masker, hal ini diungkapkan oleh ahli herbal dr.Muthoharoh,M.Si dalam program Hidup Sehat TvOne, Rabu 22 September 2021.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

"Selain antioksidan, daun kemangi juga dapat menghilangkan atau mengelupas sel kulit mati," kata Muthe.

Untuk mengaplikasikannya, gunakan 2 sdm bubuk daun kemangi. Lalu tambah dengan air lalu campur hingga membentuk masker.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

"Kalau tidak ada beli daun kemangi kering lalu blender. Atau bisa pakai daun kemangi basah lalu blender hingga membentuk pasta," ujar Muthe.

Lalu kata Muthe, kemangi yang sudah berbentuk pasta itu kemudian dites terlebih dahulu dengan dioleskan di bagian belakang telinga untuk mengetahui reaksi alergi. Jika tidak menimbulkan reaksi alergi berupa kemerahan, pasta itu kemudian dioles ke wajah massage dan diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu bersihkan dengan membilasnya menggunakan air bersih.

"Selain membuat awet muda, daun kemangi ini juga bisa atasi jerawat karena ada kandungan antibakterinya," ucap Muthe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya