9 Bahaya Gonta-ganti Warna Rambut yang Harus Kamu Ketahui

Mewarnai rambut
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Berikut artikel tentang bahaya gonta-ganti warna rambut yang harus kamu ketahui. Mewarnai rambut memang sangat menyenangkan. Tidak hanya tampil fresh tapi juga terlihat elegan. Namun kamu perlu waspada jika sering gonta-ganti warna rambut.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Kandungan dalam cat rambut ini sangat berbahaya. Zat tersebut diantaranya Para-phenylenediamine (PPD), Formaldehida, Hidrogen peroksida, Timbal asetat, DMDM hydantoin, Amonia memiliki sifat racun, korosif, serta Resorsinol.

Zat yang terkandung dalam cat pewarna tersebut sangat berbahaya bagi rambut dan juga berpengaruh Kesehatan tubuh. Berikut rangkuman bahaya gonta-ganti rambut yang dikutip dari berbagai sumber.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

9 Bahaya Sering Mewarnai Rambut

1. Alergi

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Jika kamu sering mewarnai rambut, maka hal yang pertama yang rasakan yaitu alergi. Sebab, kulit rambutmu tidak bisa menerima kandungan bahan dari pewarna yang dipakai. Terlebih jika ada kandungan resorsonol dan kandungan beracun lainnya. Gatal-gatal dan ruam pun akan kamu rasakan. Kandungan Para-phenylenediamine (PPD) juga menjadi salah satu penyebab terjadinya alergi.

2. Turunkan Tingkat Kesuburan

Taukah kamu jika mewarnai rambut berdampak pada tingkat kesuburan? Karena kandungan cat warna rambut tidak baik untuk kesuburan. Jadi, jangan sering mewarnai rambut karena akan berdampak pada kesuburanmu.

3.Kelainan Janin

Buat kamu yang sedang hamil, buang jauh-jauh pikiran untuk mewarnai rambut. Zat kimia yang teroles ke kulit bisa menyerap dan masuk ke aliran darah. Akibatnya bisa berbahaya bahkan menyebabkan kelainan pada janin. Kandungan Formaldehida bersifat karsinogen dan memicu kerusakan janin di dalam rahim.

4. Gangguan Hormonal

Pewarna rambut yang mengandung alkylphenol etoksilat (APE), biasanya ditemukan spersimida dan pestisida, sangatlah berbahaya. Kandungan tersebut bisa menyebabkan gangguan hormonal di dalam tubuhk kamu.

Orang yang suka mewarnai rambut, menurut sebuah penelitian di Universitas Yale, bisa mengembangkan penyakit yang bernama Limfoma-Non-hodgkin. Penyakit adalah kanker yang menyerang sistem limfatik yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

6. Penyakit Hodgkins dan Multiple Myeloma

Selain itu, yang bisa didapatkan kemudian sebuah penyakit yang bernama hodgkins. Ini adalah jenis lain dari kanker getah bening dan multiple.

7. Efek pada Mata

Udah bisa kena kanker, warnai rambut bisa berdampakk pada iritasi dan kemerahan pada mata. Penglihat akhirnya jadi terganggu. Kandungan Hidrogen peroksida dapat menyebabkan mata terasa perih seperti tersengat.

8. Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuhmu bisa turun karena penggunaan cat rambut. Jadi, jangan heran jika orang yang sering menggunakan cat rambut mudah sakit. Ini dikarenakan zat-zat kimia berbahaya yang ada di dalam cat rambut.
Zat yang terkandung pada cat rambut diantaranya yaitu DMDM hydantoin yang memicu masalah pada sistem imun tubuh.

9. Muncul jerawat di kepala

Tidak hanya menimbulkan rasa gatal dan ketombe di kepala, terlalu sering mengganti warna rambut juga bisa memicu timbulnya jerawat di kulit kepala. Hal tersebut karena kandungan resorcinol didalam pewarna rambut yang memengaruhi sistem endokrin, yang menyebabkan ketidak seimbangan hormon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya