Catat! 12 Kemungkinan Penyebab Ngompol pada Orang Dewasa

Ilustrasi buang air kecil.
Ilustrasi buang air kecil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ngompol sering kali berkaitan dengan masa kecil. Pasalnya, banyak anak-anak yang menghadapi masalah nocturnal enuresis atau buang air kecil ketika tidur. Namun, sebenarnya orang dewasa juga bisa mengalami hal yang serupa. Apa penyebab ngompol pada orang dewasa?

Penelitian menunjukkan bahwa 1-2 persen orang dewasa mengalami masalah serupa. Namun, jumlahnya mungkin saja lebih besar. Kebanyakan orang dewasa memang kerap menghindari perbincangan ini, termasuk kepada dokter, karena malu mengakuinya.

Jika kamu pernah mengalami ngompol saat tidur, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi, jika hal tersebut terjadi berulang dan kamu merasa khawatir, kamu bisa melihat sejumlah kemungkinan penyebab ngompol pada orang dewasa di bawah ini.

Penyebab ngompol pada orang dewasa

1. Masalah hormon

Hormon antidiuretik (ADH) dapat memberi sinyal kepada ginjal untuk memperlambat proses produksi urine. Di malam hari ketika tidur, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon yang bisa membantu mengontrol kebutuhan untuk buang air kecil selama tidur.

Namun, beberapa orang tidak menghasilkan cukup ADH atau tubuh mereka tidak meresponsnya dengan baik. Abnormalitas ADH ini lah yang menjadi kemungkinan mengapa orang dewasa bisa mengompol di malam hari.