Ternyata Lidah Buaya Mampu Hambat Peradangan hingga Infeksi

Lidah buaya (aloe vera)
Sumber :
  • Pixabay/PollyDot

VIVA – Tanaman lidah buaya atau dengan nama latin Aloe Vera, memiliki sejarah panjang terkait khasiatnya dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Aloe Vera telah dikenal dan digunakan sejak zaman dahulu untuk berbagai hal.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Melansir India Times, Kamis, 23 September 2021, beberapa kegunaan tidak biasa dari lidah buaya antara lain, dapat membantu melancarkan pencernaan hingga menenangkan penyakit asma. Berikut beberapa manfaat tidak biasa dari Aloe Vera.

Menenangkan asma

Zaidul Akbar: Lidah Buaya Bermanfaat untuk Jantung, Darah dan Pankreas! Begini Cara Olahnya

Bagi penderita asma, masukkan beberapa gel lidah buaya ke dalam air mendidih, lalu hirup uapnya untuk meredakan gejalanya. Senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam lidah buaya, mampu mengurangi peradangan dan menurunkan produksi lendir.

Meredakan sakit tenggorokan

Terpopuler: Manfaat Minum Air Jahe di Pagi Hari, Rumah Seram Ki Joko Bodo

Untuk meredakan sakit tenggorokan, kamu dapat mencampurkan lidah buaya ke dalam air, lalu kumur dengan air tersebut tiga kali sehari.

Melancarkan pencernaan

Lidah buaya mengandung senyawa pencahar seperti aloin, aloe-emodin dan barbaloin, yang dapat melancarkan buang air besar. Minum jus lidah buaya juga bisa mengobati berbagai gangguan pencernaan lainnya, seperti refluks asam, kembung, gangguan pencernaan, perut kembung, dan sindrom iritasi usus besar.

Sebagai gel cukur

Alih-alih menggunakan krim cukur yang dikemas dengan bahan kimia, lebih baik gunakan gel lidah buaya. Selain memiliki sifat antiinflamasi, Aloe Vera mengandung enzim yang berfungsi sebagai pelembap alami. Lidah buaya akan membantu kamu mendapatkan hasil cukur yang bersih dan halus.

Penghambat peradangan hingga infeksi

Aloe Vera Glycolic Extract atau ekstrak glikol lidah buaya adalah salah satu bahan baku yang saat ini kerap digunakan pada produk-produk kosmetik. Keunggulan Aloe Vera Glycolic Extract untuk kulit antara lain bertindak sebagai agen antikerut, antibakteri, dapat melembapkan, menenangkan serta membantu menumbuhkan sel kulit baru.

Selain itu, Aloe Vera Glycolic Extract juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama saat kulit terpapar sinar matahari secara langsung, penghambat peradangan, penghilang rasa sakit, pengurangan kemungkinan infeksi, mengobati infeksi jamur, luka bakar, gigitan serangga, serta dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan sebagai perawatan rambut rontok.

Temptation Moisturizing Body Mist adalah produk body mist yang menggunakan Aloe Vera Glycolic Extract ke dalam formulanya. Marketing Manager PT Eloi Coco Industries, Nasuha, mengatakan, berbeda dengan body mist dan parfum pada umumnya, produk ini tidak akan membuat kulit kering karena menggunakan ekstrak glikol lidah buaya yang memiliki keunggulan melembapkan kulit.

"Produk parfum dan body mist sering menggunakan alkohol denat yang merupakan salah satu bahan baku paling penting, tetapi juga membuat kulit pemakainya bisa menjadi kering. Nah, tujuan kami memberikan campuran Aloe Vera Glycolic Extract ini agar bisa digunakan untuk membantu melembapkan dan menyeimbangkan efek dari alkohol denat itu sendiri," kata Nasuha dalam keterangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya