Zaidul Akbar Sebut Manfaat dari Makan Alpukat Tiap Pagi

Buah alpukat
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, ungkap manfaat dari mengonsumsi alpukat setiap pagi. Menurut Zaidul Akbar, buah satu ini memiliki kandungan lemak dan protein yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

"Alpukat ini, dia proteinnya baik, dia mengandung lemak buat jantung juga. Cara makan alpukat yang sehat seperti apa? Jangan dikasih gula, jangan dikasih kental manis. Makan kaya begini (alpukat saja) pagi-pagi sarapan," ujarnya dalam video yang diunggah di YouTube Bamol TV, dikutip VIVA, Jumat 24 September 2021. 

"Makan kayak begini pagi-pagi saben (setiap) hari, jantung Anda akan sehat, otak Anda akan sehat, pembuluh darah Anda akan sehat. Ini namanya bubur alpukat (alpukat dihancurkan)," sambung dia.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Zaidul lebih lanjut menjelaskan, kandungan alpukat sangat lengkap untuk membantu menjaga kesehatan organ tubuh. 

"Masya Allah, ini sumber asam amino yang paling baik. Selain itu ada juga ada madu, kurma (mengandung asam amino). Murah gak ini? sebenarnya murah sih. Alpukat Rp5000 dapet gak satu? Dapet. Bubur ayam? Lebih malah sekarang. Jadi kalau ada orang bilang hidup sehat itu mahal kata siapa?," tuturnya. 

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Kemudian Zaidul menceritakan seorang mahasiswa yang bertanya tentang cara hidup sehat dengan anggaran yang terbatas. 

"'Dokter, saya mahasiswa dengan low budget bagaimana cara hidup sehat?' 'Banyakin puasa.' Nanti kalau lagi mau buka puasa datangi masjid-masjid, lebih irit lagi. Puasa Daud, lebih banyak lagi uang yang bisa dihemat," terang dia. 

Dalam kesempatan itu, Zaidul turut mencontohkan sosok khalifah yang gagah karena hanya mengonsumsi makanan sehat. 

"Khalifah itu gagah, kebayang sosok khalifah gitu kan. Khalifah itu makanannya sehat-sehat. Masa khalifah makannya, cireng, cilok, seblak. Boleh gak makan gituan? Boleh siapa yang larang, enggak apa-apa. Tapi ingat, kalau Anda makan sesuatu yang gak sehat, Anda perlu pikirkan harus dibakar kalorinya," kata Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya