Heboh Pendarahan Otak Tukul Arwana, Waspadai 6 Tanda Sakit Kepala Ini

Sakit kepala
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Beberapa waktu lalu kita semua dikejutkan dengan kabar dari komedian Tukul Arwana. Sosok Tukul Riyanto atau dikenal Tukul Arwana mengejutkan publik dengan berita pendarahan otak yang diidapnya.

Inilah yang Bakal Terjadi saat Seseorang Koma, Lengkap dengan Penyebabnya

Adapun kronologi Tukul Arwana sampai harus menjalani operasi karena pendarahan di otaknya berawal dari keluhan sakit kepala. Tukul sempat mengalami pusing yang dianggap seperti pusing biasa, sampai akhirnya keluarga yang mengamati perubahannya memutuskan untuk segera membawanya ke rumah sakit.

Berkaca dari hal tersebut, jika rasa sakit kepala Anda kerap membuat aktivitas terganggu dan bergantung pada obat maka berhati-hatilah. Namun, sakit kepala yang berbahaya merupakan gejala adanya gangguan aliran darah pada pembuluh darah di otak.

Jangan Bingung Lagi, Segini Kebutuhan Air Putih Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Berikut ini penjelasan 6 tanda sakit kepala yang sudah berbahaya, dimana Anda harus mulai waspada apabila memiliki gejala tersebut:

1. Nyeri di kepala yang disertai gangguan penglihatan
Hal ini mengindikasikan adanya gangguan pada otak yang berhubungan dengan saraf mata.Gangguan penglihatan ini terjadi karena adanya tekanan yang tersalurkan ke saraf mata dan edema papil.

Hati-Hati Tanda Saraf Kejepit yang Jarang Disadari Masyarakat

Edema papil adalah pembengkakan pada ujung saraf mata di retina sehingga pandangan menjadi kabur. Gejala ini sekaligus menandakan adanya tekanan pada otak yang harus segera mendapatkan penanganan medis.

2. Pusing disertai rasa mual, muntah, dan kehilangan kesadaran
Apabila tidak segera diatasi, rasa pusing yang berlebihan akan membuat penderita mengalami keringat dingin, badan gemetar bahkan kehilangan kesadaran. Hal ini karena kondisi otak mulai memengaruhi seluruh organ tubuh.

Jika Anda telah mengkonsumsi obat pereda nyeri tapi masih mengalami satu dari 6 tanda sakit kepala sudah berbahaya ini segera minta bantuan ke fasilitas medis terdekat.

3. Sakit kepala tegang yang disertai demam dan leher kaku
Rasa sakit kepala disertai nyeri pada leher bisa jadi memang karena kelelahan atau kurang bergerak sehingga saraf menjadi tegang. Namun pada kondisi lebih serius, sakit kepala dibarengi demam dan leher kaku adalah gejala penyakit meningitis.

Meningitis atau radang selaput otak juga bisa mengancam nyawa, namun Anda akan butuh pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahuinya.

4. Sakit kepala disertai nyeri pada telinga, hidung, tenggorokan, atau mata
Rasa sakit pada kepala yang dibarengi keluhan pada telinga, hidung, tenggorokan, atau mata cenderung bukan penyakit biasa. Penyebab rasa sakit pada telinga, hidung, tenggorokan, atau mata bisa disebabkan adanya infeksi yang menyerang sinus.

Namun pada kondisi lebih serius hal ini bisa mengindikasikan gejala kanker. Anda membutuhkan ahli untuk bisa menentukan sumber dari rasa sakit yang dialami. Untuk mengetahui ulasan selengkapnya klik tautan berikut
ini
.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya