Ricuh Vaksinasi COVID-19 di Aceh, Ini Kata Kemenkes

Kericuhan vaksinasi nelayan di Aceh.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas melakukan vaksinasi COVID-19 di Aceh dikabarkan terluka akibat diserang oleh pedagang dan nelayan setempat. Kabar mengenai kegaduhan itu ditanggapi oleh Pihak Kementerian Kesehatan.  

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Dijelaskan Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, aksi penyerangan yang berujung gaduh itu sangat disayangkan. Terlebih, vaksinasi ini sebagai upaya agar masyarakat bisa keluar dari pandemi.

"Kami tentunya menyayangkan aksi yang terjadi di Desa Padang Baru, Aceh, yang kemarin berujung kepada ricuh, kita berharap semua masyarakat dapat mendukung vaksinasi sebagai upaya bersama untuk keluar dari pandemi COVID-19 ini," ujar Nadia, dalam acara virtual, Rabu 29 September 2021.

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

Lebih dalam, Nadia meminta pemerintah daerah untuk makin mensosialisasikan mengenai manfaat vaksin. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih memahami pentingnya vaksinasi.

"Pemerintah daerah dapat lebih mendorong sosialisasi dan edukasi yang melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman yang lebih baik lagi terhadap bahaya COVID-19 dan pentingnya untuk mendapatkan vaksinasi," tutur Nadia.

Motor Bekas Merek Ini Jadi Primadona Anak Muda Ngabers, Harga Mulai Rp17 Jutaan

Secara terpisah, Ketua Satuan Tugas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Zubairi Djoerban mengaku prihatin atas aksi tersebut. Ia berharap agar masyarakat bisa menaruh kepercayaan dalam menyikapi vaksinasi COVID-19 ini.

"Peristiwa pengusiran tim vaksinasi di Aceh ini memprihatinkan. Mungkin perlu komunikasi persuasif yang memberi ruang bagi mereka yang menolak untuk diskusi. Membangun kepercayaan itu penting, dan memang jadi tantangan. Semoga tidak terulang," harapnya dalam akun Twitter.

PYCH binaan BIN menggelar berbagai kegiatan

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan Badan Intelijen Negara (BIN) terus menggelar berbagai kegiatan yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat di berbagai desa Papua.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024