10 Manfaat Air Ketumbar yang Jarang Disadari, Bisa Atasi Diabetes

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Manfaat air ketumbar ini kerap tidak disadari oleh orang-orang. Padahal, salah satu bumbu dapur ini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Biji ketumbar berasal sebuah tanaman Coriandum sativum yang masih berkaitan dengan seledri, peterseli, dan wortel.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Menurut healthline, ketumbar mempunyai kandungan protein, lemak, magnesium, kalsium, kalium, dan karbohidrat. Kandungan itu sangat efektif untuk menjaga keeehatan tubuh. Di samping segudang manfaat yang dimiliki oleh ketumbar, ternyata bahan dapur ini juga bisa menimbulkan efek samping pada masing-masing orang dan usia tertentu.

Salah satu manfaat air ketumbar ini adalah dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Tapi, harus dipahami bahwa air rebusan ketumbar ini bukan sebagai obat utama, melainkan sebagai langkah untuk mencegah. Nah, untuk lebih lengkapnya, simak mengenai manfaat air ketumbar yang disadur dari healthline.com.

Blewah: Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Lalu, Apa Saja Manfaat Air Ketumbar?

Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Kurma Ajwa dan Sukkari Jadi Primadona saat Ramadhan, Seperti Apa Rasanya?

Ilustrasi kolesterol.

Photo :
  • U-Report

Kolesterol adalah salah satu zat lemak yang ada di dalam sel tubuh manusia. Kadar kolesterol yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru supaya tubuh bisa tetap berfungsi secara normal.

Namun sebaliknya, bila kadar kolesterol terlalu tinggi, bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit kronis mulai dari penyakit jantung sampai stroke. Ole sebab itu, manfaat air rebusan ketumbar ini diperlukan supaya dapat mengontrol kolesterol dan terhindar dari berbagai penyakit.

Mengatasi Diabetes

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Manfaat air ketumbar selanjutnya adalah untuk mengatasi diabetes. Ketumbar mengandung serat yang tinggi, serat tersebut berperan penting guna menurunkan kadar gula darah. Dengan meminum rebusan air ketumbar, maka kamu akan memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Menjaga Kesehatan Gigi

Sakit gigi.

Photo :
  • Times of India

Sakit gigi adalah salah satu kondisi yang sering menyerang banyak orang. Tak jarang kondisi mengakibatkan penderitanya kesulitan untuk makan, tidur, dan konsentrasi. Hal ini disebabkan ketika sakit gigi menyerang, seluruh anggota badan akan terasa sakit, sehingga menimbulkan efek yang kurang nyaman.

Salah satu cara untuk menjaga Kesehatan gigi adalah dengan mengonsumsi air ketumbar secara rutin. Ketumbar mengandung sifat antibakteri yang memiliki peran penting untuk mencegah sakit gigi. Dengan demikian, risiko terkena sakit gigi akan semakin menurun.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi sistem kekebalan tubuh yang buruk

Photo :
  • Pixabay/ Mojpe

Ketumbar sangat kaya akan antioksidan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. sebab, ketumbar ini juga berfungsi untuk melawan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Dengan meminum air rebusan ketumbar secara rutin, sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat dan mudah untuk melawan infeksi atau penyakit.

Membantu Mengatasi Jerawat

Tips menghilangkan jerawat

Photo :
  • vstory

Manfaat air ketumbar berikutnya adalah dapat membantu untuk mengatasi jerawat dan juga pigmentasi. Fakta menyebutkan bahwa ketumbar mengandung zat besi yang tinggi sehingga mempunyai sifat anti-jamur dan melawan bakteri yang bisa meredakan jerawat.

Bila kamu menginginkan kulit wajah yang semakin halus dan bercahaya, minumlah air rebusan ketumbar ini karena akan meningkatkan regenerasi sel-sel kulit dan juga membantu kamu untuk memperoleh kulit yang semakin sehat.

Mengatasi Peradangan

Radang tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Air ketumbar ini juga bermanfaat untuk Mengatasi peradangan. Ketumbar mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat efektif untuk Mengatasi peradangan. Selain itu, ketumbar jga dipercaya bisa meremajakan kulit dan Mengatasi minyak berlebih. Tentu saja, manfaat tersebut bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara rutin.

Mencegah Konjungtivitas

Manfaat air ketumbar berikutnya adalah untuk mencegah infeksi karena jamur atau bakteri. Konjungtivitas adlaah salah satu peradangan konjungtiva pada bagian dalam kelopak mata. Konjungtivitas juga sering disebut sebagai pinkeye.

Konjungtivitas ini akan menyebabkan mata merah, mata terasa gatal, mengeluarkan cairan kental sampai memperbesar kelenjar getah bening. Namun, dengan mengonsumsi rebusan air ketumbar ini, dipercaya bisa mencegah dan meredakan konjungtivitas.

Mengeluarkan Racun di Dalam Tubuh

Ilustrasi racun dalam tubuh.

Photo :
  • U-Report

Ketumbar juga dikenal sebagai diuretic yang berfungsi untuk mengilangkan beberapa racun yang ada di dalam tubuh. jadi, dengan mengonsumsi air ketumbar ini akan bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh sebelum melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Memperkuat Kesehatan Rambut

Ilustrasi wanita/rambut

Photo :
  • Freepik/cookie_studio

Ketumbar terkenal karena sangat kaya akan vitamin, mulai dari Vitamin C, Vitamin K, dan Vitamin A. Masing-masing vitamin tersebut mempunyai manfaat dan peran tersendiri untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin tersebut juga akan memberikan kekuatan pada setiap helai rambut sehingga tidak mudah patah.

Mendetoksifikasi Ginjal

sayangi ginjal

Photo :
  • U-Report

Apabila kamu adalah seorang yang mengidap masalah pada ginjal atau bila ginjal kamu lemah, minumlah air ketumbar ini. Karena, air rebusan ketumbar mempunayi manfaat untuk menurunkan retensi air di dalam tubuh dan memicu tubuh untuk membuang berbagai macam racun atau mikroba.

Cara Membuat Air Ketumbar

Ketumbar

Photo :
  • U-Report

Cara membuat air ketumbar ini sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu merendam satu sendok makan biji ketumbar di dalam satu gelas air semalaman. Setelah itu, saring biji ketumbar dan minum air ketumbar tersebut.

Kamu juga bisa dengan cara mengeringkan bijinya terlebih dahulu dan memakainya ke dalam masakan. Selain itu, air ketumbar juga bisa diminum saat panas. Caranya, rabus satu sendok makan biji ketumbar di dalam air selama 5 menit. Kemudian saring dan minumlah selagi hangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya