Dokter: Penderita Diabetes Boleh Makan Semua Buah, Kecuali Satu

Gula darah
Gula darah
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Penderita diabetes harus sangat membatasi  konsumsi makanan manis untuk menjaga agar gula darahnya tidak melonjak. Termasuk konsumsi buah-buahan. 

Meski buah memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, namun penderita diabetes juga tidak boleh sembarangan mengonsumsi buah, terutama yang mengandung tinggi gula. 

Spesialis gizi klinik, Dr. dr. Samuel Oetoro, Msc, MS, Sp.GK(K), mengatakan, semua buah boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, asalkan jangan terlalu matang. Apa alasannya? 

"Karena derajat kematangan buah, itu menentukan kadar gula yang berada di dalam buah itu," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Jumat 1 Oktober 2021. 

Dokter Samuel lebih lanjut menjelaskan, penderita diabetes kadar gulanya harus dikendalikan, jadi dilarang mengonsumsi buah yang terlalu matang. Sebab, buah yang terlalu matang, kadar gulanya tinggi. 

"Kedua, harus karbohidrat kompleks. Kompleks itu mengandung serat. Jadi kalau makan buah, pilih yang seratnya tinggi, seperti apel, pir, jeruk," ujar dia. 

Sedangkan untuk cara mengonsumsinya, Samuel menyarankan jika mengonsumsi apel dan pir, harus dengan kulitnya. Sedangkan jeruk harus dengan ampasnya. Sebab menurut Samuel, pada kulit buah mengandung serat yang tinggi.