Cuma 3 Buah Ini yang Paling Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Buah-buahan dan jus
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Tidak semua buah-buahan boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengingat rasanya yang manis sehingga bisa menyebabkan lonjakan gula darah, penyandang diabetes harus selektif jika ingin mengonsumsi buah. 

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Spesialis gizi klinik, Dr. dr. Samuel Oetoro, Msc, MS, Sp.GK(K), mengungkapkan, buah yang boleh dikonsumsi penyandang diabetes adalah yang tidak terlalu matang. Apa contohnya? 

"Contoh, makan buah pepaya jangan milih yang merah sekali. Kemudian pisang. Pisang memang tinggi gula, tapi kalau Anda makan pisang yang masih ada ijo-ijonya, kadar gulanya belum terlalu tinggi," ujarnya dalam tayangan program Hidup Sehat tvOne, Jumat 1 Oktober 2021. 

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Lebih lanjut dokter Samuel turut mengungkap jenis buah yang paling direkomendasikan untuk penderita diabetes. Apa itu? 

"Buah yang paling direkomendasikan buat penderita diabetes, alpukat. Karena di dalam alpukat ada kandungan lemak yang sehat, yang namanya asam lemak Omega 9," ungkapnya. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Selain alpukat, menurut Samuel, ada dua buah lain yang dianjurkan untuk para penyandang diabetes, yaitu apel dan pir. Tapi, ada aturannya. 

"Apel, pir, tapi makan dengan kulitnya. Karena kulit itu mengandung serat. Penyerapan dari gula di dalam saluran cerna diganggu oleh serat yang ada di kulit apel," kata dia. 

Selain tiga buah yang disebutkan di atas, berikut beberapa buah lain yang boleh dikonsumsi penyandang diabetes, namun dengan syarat tertentu. 

"Makan nanas boleh? Boleh, tapi jangan yang sudah terlalu matang atau nanas madu. Buah salak juga boleh, tapi jangan makan salak gula pasir dan kulit ari salaknya jangan dikupas, karena itu adalah serat," terang dia. 

"Kemudian anggur boleh gak? Boleh, tapi jangan terlalu banyak, karena anggur manis, gulanya tinggi. Berapa banyak? Tergantung kadar gula darahnya orang tersebut," tandas dr. Samuel Oetoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya