dr Zaidul Akbar: Tidur di Waktu Ini Picu Serangan Jantung & Jadi Bodoh

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Unsplash/Kinga Cichewicz

VIVA – Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, melarang kita untuk tidur setelah sholat Subuh. Menurut dia, tidur di waktu tersebut akan membawa beberapa dampak buruk. Apa saja? 

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Melalui sebuah video yang diunggah di YouTube, penggagas buku ‘Jurus Sehat Rasulullah’ itu menjelaskan dampak yang terjadi jika kita tidur ba'da Subuh. 

"Ba'da subuh jangan tidur. Jadi kondisi udara pada saat itu waktu Dhuha sampai Syuruq, antara 1-2 jam itu jangan tidur. Kalau Anda pengen tidur, udah ngantuk banget, usahakan jangan berbaring. Tidur dalam kondisi berzikir, duduk," ujarnya dalam video yang diunggah di YouTube Bamol TV, dikutip VIVA, Selasa 5 Oktober 2021. 

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Lebih lanjut, dokter Zaidul memperingatkan bahaya yang terjadi jika kita membiasakan diri tidur di pagi hari atau ba'da Subuh.

"Sebab apa? Banyak terjadi serangan-serangan jantung atau kelemahan-kelemahan jantung itu di pagi hari. Jadi, pagi jangan tidur. Dan itu salah satu tidur yang bikin bodoh," kata dia. 

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

Selain bikin bodoh dan menyebabkan serangan jantung, tidur di pagi hari menurut Zaidul juga dapat menghambat datangnya rezeki. 

"Selain bikin bodoh, rezekinya dikurangi sama Allah. Karena malaikat waktu itu lagi sibuk-sibuknya bagi-bagi rezeki dari Allah, dia malah tidur. Kan gak sopan namanya," pungkas dia. 

Masih berkaitan dengan rezeki, Zaidul pun memberikan tips seputar aktivitas yang bisa dilakukan saat Subuh dan di pagi hari agar tidak tidur sekaligus dapat mendatangkan rezeki. 

"Jadi salah satu tipsnya saya, kalau Anda pergi ke musala atau masjid dekat rumah. Kan ada doa malaikat di pagi hari, yang malaikat itu mengatakan 'Ya Allah berkahi orang yang bersedekah di pagi hari ini'. Maka Subuh itu jangan pernah kehilangan momen untuk bersedekah," saran dia. 

"Datang ke masjid bawa uang, niatkan untuk sedekah karena Allah, maka dapat doa malaikat. Itu dikerjakan tiap hari gak bisa sekali-sekali. Karena doa itu setiap hari ba'da Subuh. Bagusnya seperti itu," ungkap dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya