dr. Zaidul Akbar: Sayuran Ini Turunkan Tensi dan Rontokkan Racun

Ilustrasi wanita/sayur-sayuran.
Sumber :
  • Freepik/nensurla

VIVA – Selain buah-buahan, sayuran juga memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayur-sayuran mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu menangkal berbagai penyakit dan menjaga tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Itulah sebabnya, dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, menyarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis sayur-sayuran. Salah satu yang dia sebutkan adalah seledri. 

"Seledri adalah obat ataupun sayur yang paling cepat menurunkan tensi," ujarnya dalam video yang diunggah di YouTube Bamol TV, dikutip VIVA, Rabu 6 Oktober 2021. 

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Mengingat rasanya yang kurang enak apabila dibuat jus jika tanpa ditambahkan bahan lain, dokter Zaidul menyarankan untuk mengolah seledri dengan cara lain. 

"Kalau Anda tidak suka makan kaya begini, dibikin sup makan sayurnya. Jadi seledri kalau dijus kan kurang enak rasanya, boleh ditambahkan dengan apel. Tapi kalau gak suka, campurin ke makanan," kata dia. 

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Lebih lanjut, Zaidul menjelaskan, beberapa sayuran memiliki kemampuan sebagai pembersih tubuh yang luar biasa. Lalu, apa saja jenis sayuran yang dimaksud? 

"Contohnya brokoli. Jadi brokoli kemudian asparagus, itu sayuran-sayuran yang kalau kita makan, kita rebus atau steam sedikit, itu bisa membantu proses detoks di badan kita," terang dia. 

Jika tidak ada brokoli atau asparagus, Zaidul mengatakan, menggantinya dengan seledri juga bisa jadi pilihan. 

"Daun selada juga bisa, jadi banyak pilihannya. Inilah yang saya katakan sparepart yang Allah buat. Jadi obatnya kita itu ada di mereka-mereka ini (sayuran)," ungkap dia. 

Selanjutnya adalah jamur. Menurut dokter yang kerap disapa Ustaz itu, jamur merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori tapi tinggi akan serat. 

"Jadi, kalau malam salah satu pilihannya kalau pingin makan itu jamur. Dibikin kaya sup. Dia seratnya tinggi dan dia bisa mengikat racun-racun di badan," pungkas dr. Zaidul Akbar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya