Jaga Kesehatan Tubuh di Masa Pandemi dengan Konsumsi Daging Merah

Beef Talk di Shamrock Kitchen & Bar Tebet bersama dengan Chef Chandra, Kamis (7/10).
Sumber :

VIVA – Menjaga kekebalan tubuh menjadi hal wajib yang harus dilakukan di tengah pandemi yang belum sepenuhnya mereda. Selain buah dan sayuran, daging merah adalah salah satu makanan yang perlu dikonsumsi karena memiliki banyak zat yang berguna bagi tubuh.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Nah, terkait konsumsi daging merah, Pakar Nutrisi, Emilia Achmadi, menyarankan untuk memilih daging merah rendah lemak dan berkualitas yang rendah kalori dan tinggi kandungan protein, zat besi, hingga seng.

“Zat besi dan seng dalam daging merah punya banyak manfaat, di antaranya mencegah anemia, menaikkan kadar hemoglobin, mengurangi kelelahan, mendorong imunitas, meningkatkan konsentrasi, dan membuat individu bisa beristirahat lebih baik,” kata Emilia dalam acara Beef Talk di Shamrock Kitchen & Bar Tebet bersama dengan Chef Chandra, Kamis (7/10/2021). Acara ini diselenggarakan bersama True Aussie Beef – Meat & Livestock Australia.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Kandungan zat besi dalam daging merah juga bisa membantu kinerja jantung. Semakin tinggi kandungan zat besi, asupan oksigen ke otot jantung pun semakin lancar, sehingga kerja jantung semakin optimal.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Khusus bagi kaum Hawa, Emilia memaparkan bahwa perempuan butuh zat besi dua kali lipat karena mengalami proses menstruasi, kehamilan, hingga laktasi.

Kandungan protein yang ada dalam daging merah juga tak main-main lho. Setiap 100 gram daging sapi mengandung sekitar 20–25 gram protein.

Mengingat urgensi protein sangat dibutuhkan dalam pembentukan otot, Emilia menyarankan anak usia 6 bulan hingga orang dewasa secara rutin mengkonsumsi daging merah sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

“Daging merah untuk kesehatan itu penting sekali. Namum yang harus diperhatikan adalah porsinya, dan juga diimbangi dengan kandungan nutrisi dari yang lainnya seperti dari sayur dan buah. Jadi cara kita mengatur pola makan sehat yang seimbang itu,  pertama harus ada karbohidrat seperti kentang, nasi merah, kemudian protein seperti susu, telur, daging. Ada juga protein nabati seperti tahu dan tempe, edamame, kacang polong, kacang merah, kacang hijau. Itu semua protein dan seimbang. Dan seimbang untuk setiap orang juga tergantung kondisi masing-masing orang,” jelas Emilia.

Aneka Sajian dari Daging Merah

Bicara tentang daging merah, makin asyik jika kita tahu cara menyajikannya! Nah, dalam acara Beef Talk ini, Chef Chandra selaku master chef di Shamrock Kitchen & Bar Tebet akan berbagi cara menyajikan daging merah menjadi santapan yang yummy.

Chef Chandra menyajikan sejumlah menu berbahan dasar daging sapi Australia yang pastinya menggugah selera dan bakal menggoyang lidah para penikmatnya. Chef Chandra menyajikan sejumlah menu yang terbagi dalam beberapa sesi, yaitu:

Chefs Cut 1:

Seared Oyster blade angus barleyfeed grade 5+ With onion consomme, cheese ravioli

Chef Cut 2:

Slow Roasted Chuck Roll wagyu 9+

Edamame & Peas Pure, Baby aragula and avocado Chimichurri

Prime Cut 3:

Grilled Sirloin black Angus Baked gratin mushroom potato Pepper and shallot jus

Sweet ending:

Pinacolada parfait & salted coconut cream

Tak hanya berbagi menu masakan, Chef Chandra juga ikut memberi tips tentang cara memotong daging yang benar dan mnjelaskan potongan- potongan Chef’s cuts (non-loin cuts).

Satria salah satu pengunjung yang ikut menikmati sajian Daging Merah Australia ini pun merasa sangat puas dengan cara Chef Chandra menyakikan olahan daging-daging tersebut.

“Puas banget. Sajian dari Chef Chandra melebihi ekspektasi saya. Dagingnya lembut, terus rasa dagingnya juga keluar banget,” ungkapnya.

Daging Sapi dan Domba yang Aman, Halal dan Berkualitas dari Australia

Dalam rangka menyediakan kebutuhan daging merah bagi masyarakat di tanah air, MLA (Meat & Livestock Australia) hadir sebagai perusahaan yang membantu industry Red Meat (daging merah) di Indonesia memasarkan daging import sapi dan domba terbaik Australia.

MLA melaksanakan serangkaian program promosi dan edukasi, menggunakan logo TRUEAUSSIEBEEF, yang melambangkan daging sapi Australia yang aman, halal dan berkualitas.

Kualitas daging sapi Australia #TRUEAUSSIEBEEF pastinya telah diakui di berbagai belahan dunia. Tak berlebihan, karena memang industri persapian Australia menerapkan standar baku mutu yang sangat ketat demi menjamin kepuasan konsumen.

#TRUEAUSSIEBEEF mewakili 3 pilar, yaitu ideal home, peace of mind, dan pure enjoyment.

1. Daging Australia memang dikembangbiakkan di tempat yang ideal, yaitu Australia yang memiliki iklim, cuaca, dan kondisi yang sangat natural dengan banyaknya pakan rumput. Sehingga daging yang dihasilkan menjadi lebih tender, lebih lembut dan terbebas dari zat adiktif dan hormon artifisial.

2. Daging Australia diproduksi dengan sistem dan standar keamanan pangan yang ketat untuk memastikan kualitasnya. Sistem Identifikasi Ternak Nasional (NLIS) adalah sistem Australia untuk identifikasi dan pelacakan untuk keamanan hayati, keamanan pangan, integritas produk, dan akses pasar.

3. Pilar ketiga adalah menonjolkan pure enjoyment dimana hasil kerja keras para peternak Australia bisa dinikmati oleh semua penduduk baik itu penduduk Indonesia maupun negara lainnya. Apalagi Daging Australia telah disertifikasi halal oleh MUI.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program-program dari True Aussie Beef Indonesia, jangan lupa untuk follow up social media MLA: Instagramnya di @trueaussieid, youtube True Aussie Indonesia Official dan website www.trueaussiebeefandlamb.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya