Bangun Tidur Merasa Lelah, Cobain Gerakan Ini Yuk

Ilustrasi bangun tidur.
Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Bangun tidur di pagi hari biasanya diiringi tubuh yang terasa lebih segar. Akan tetapi, tak sedikit yang justru merasa lebih lelah dari biasanya, bahkan terasa pegal dan sakit di beberapa area tubuh.

Dituturkan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, dr. Ibrahim agung SpKFR, penting untuk melihat kembali posisi bantal saat tidur. Jika terlalu tinggi, bisa memicu sakit leher dan bahu sehingga timbul rasa tak nyaman.

"Bantal terlalu tinggi bisa membuat leher tertekuk dan bangun dengan perasaan sakit," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, baru-baru ini.

Tak hanya itu, saat bangun tidur dalam keadaan terlonjak dan langsung berdiri, memberi dampak kurang baik pada area punggung. Gerakan tersebut yang terjadi secara mendadak berisiko pada kondisi saraf terjepit.

"Bangun tidur harus perlahan. Kalau bangun tiba-tiba? bantalan saraf bisa terjepit. Bisa saja malah enggak bisa bangun tidur," imbuhnya.

Ia menuturkan saat bangun tidur, sebaiknya dimulai dengan posisi miring ke sisi, lalu kaki diturunkan ke lantai. Setelahnya, bisa mulai duduk dengan posisi miring di sisi tempat tidur.

"Bangun dalam posisi miring tapi tegak, tangan boleh menahan di sisi. Prinsipnya pertahankan tulang belakang tegap. Mau tiduran juga harus miring dulu," pesannya.

Halaman Selanjutnya
img_title