Selain Kesehatan Jantung, Lari Virtual Baik untuk Cegah Stres

Ilustrasi olahraga lari
Ilustrasi olahraga lari
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Jogging atau lari terbukti baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular serta membentuk otot tubuh. Siapa sangka, manfaat lari sendiri bisa lebih luas mencakup kesehatan mental yang sangat baik di masa pandemi COVID-19.

Tak dimungkiri kondisi pandemi membuat banyak orang menjadi lebih rentan stres akibat minimnya interaksi sosial dan mobilisasi. Terlebih, keasyikan di rumah membuat masyarakat enggan berolahraga dan bergerak. Padahal, bergerak aktif sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah stres lho.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengatakan event Herbalife Nutrition Virtual Run 2021 tahun ini diselenggarakan untuk mendukung progam kampanye ‘Get Moving With Good Nutrition’ yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar mengadaptasi gaya hidup sehat dan aktif. Serta mendorong komunitas agar saling mendukung dalam meningkatkan aktivitas gaya hidup sehat.

"Mulai dari virtual run, sesi senam secara virtual, dan nutrition talk semua aktivitas tersebut kami rancang untuk memulai kembali nutrisi positif dan kebiasaan hidup sehat dan aktif bagi masyarakat di Indonesia," ujar Andam, dalam keterangan persnya.

Herbalife Nutrition Virtual Run 2021 ini, dimulai pada 1 Oktober hingga 31 Oktober 2021, yang terdapat kategori individu dan tim secara akumulatif selama 1 bulan, dengan lebih banyak opsi yang tersedia bagi pelari untuk memilih jarak lari yang diinginkan. Antara lain Kategori Perorangan: 5km, 20km, 50km dan 100km dan Kategori Tim (hingga 5 peserta per tim): 20km, 50km, 100km, 200km dan 500km.

Manfaat lari untuk kesehatan meyeluruh

Dikutip dari laman Cigna, saat mulai berlari, jantung akan mulai memompa lebih keras dan mendorong darah ke seluruh tubuh dengan kecepatan yang lebih cepat. Sistem pernapasan pun mulai bekerja lebih keras dan akan secara mental mempersiapkan diri untuk olahraga berat.