Ampuh Turunkan Gula Darah, Ini 3 Suplemen Terbaik untuk Diabetes

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Banyak orang mengandalkan suplemen untuk mengatasi banyak masalah kesehatan, termasuk untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa suplemen berikut terbukti dapat membantu mengontrol glukosa dalam darah sehingga memungkinkan untuk mengelola diabetes tipe 2 dan menurunkan gula darah dengan mengurangi gejalanya, dilansir dari Express, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Kayu manis

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

kayu manis

Photo :
  • U-Report

Rempah-rempah satu ini disebut memiliki khasiat obat yang potensial. Satu studi yang diterbitkan di Diabetes Care mengamati 30 orang dengan diabetes tipe 2. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu mengonsumsi 1g, 3g, dan 6g, suplemen kayu manis setiap hari dengan 30 lainnya mengonsumsi plasebo.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Setelah 40 hari, setiap orang yang mengonsumsi kayu manis memiliki gula darah yang jauh lebih rendah. Selain itu, tercatat terjadi penurunan trigliserida, lipoprotein densitas rendah, dan kadar kolesterol total.

Vitamin D

Ilustrasi vitamin/obat.

Photo :
  • Freepik/freepik

Banyak manfaat yang didapat dari konsumsi vitamin D. Satu tinjauan sistematis mengeksplorasi apakah suplementasi vitamin D dapat mengontrol gula darah pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

Temuan tinjauan menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kadar gula darah rata-rata dapat dikurangi dengan suplementasi vitamin D, tetapi tidak dengan kadar gula darah puasa. Namun, efek ini tidak konsisten di semua peserta.

Magnesium

Ilustrasi vitamin/obat.

Photo :
  • Freepik/freepik

Magnesium adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk otak dan tubuh. Menurut National Institutes of Health (NIH), magnesium merupakan obat ajaib terutama bagi mereka yang perlu menurunkan gula darah.

Menurut Diabetes.co.uk, mengonsumsi makanan kaya magnesium dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dalam tinjauan sistematis, 8 dari 12 penelitian menunjukkan, pemberian suplemen magnesium selama 6-24 minggu pada orang sehat atau mereka yang menderita diabetes tipe 2, dapat membantu mengurangi kadar gula darah puasa, dibandingkan dengan pemberian plasebo.

Faktanya, para profesional perawatan kesehatan mencatat, setiap peningkatan 50 mg asupan magnesium, menghasilkan penurunan 3 persen gula darah puasa pada mereka yang mengikuti penelitian dengan kadar magnesium rendah di dalam darah.

Beberapa cara lain untuk menurunkan gula darah, antara lain, dengan menjalani diet sehat, olahraga, membatasi asupan karbohidrat, tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih, mengontrol porsi makan dan mengelola tingkat stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya