Jangan Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Kaya Vitamin

Buah Yang Mengandung Vitamin C
Sumber :
  • vstory

VIVA – Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan limbah sampah makanan di Indonesia sebesar 23 juta hingga 48 juta ton per tahun pada 2000 hingga 2019. Tak heran, Indonesia dianggap sebagai 'ladang' limbah makanan yang tak berkesudahan.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Salah satu cara mencegah menumpuknya limbah makanan yakni melalui cara Memasak Setiap Bagian yang digaungkan oleh Cookpad. Dalam keterangannya, Cookpad Global Food Editor, Malou Herkes, mengajak 100 juta pengguna untuk untuk melakukan rescue pada sisa bahan pangan yang biasa dibuang, mengolahnya kembali menjadi bentuk masakan yang berbeda.

"Kampanye #MasakSetiapBagian tahun lalu telah menghasilkan banyak resep masakan sehari-hari yang unik, salah satunya dari pengguna Cookpad di Indonesia yang membagikan resep bakso, steak dan burger dari kulit pisang,” ujar Malou Herkes, dalam acara virtual, baru-baru ini.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Bicara mengenai kulit buah, menurut Product Specialist Prodia OHI, Brilliantika Resi Febriani S.Gz., khasiatnya sangat beragam namun banyak yang belum mengetahuinya. Mulai dari vitamin A, B, C, Zink, hingga Antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, rupanya ada dalam kulit buah.

Berikut 5 kulit buah dengan khasiatnya.

Blewah: Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan!

1. Jeruk

Ilustrasi kulit jeruk.

Photo :
  • U-Report

Menurut Resi, kulit jeruk memiliki aroma khas yang menyegarkan saat dihirup sehingga baik untuk kesehatan secara psikis. Selain itu, kulit jeruk dapat diparut untuk direbus dengan teh. Apa ya manfaatnya?

"Ada senyawa polifenol baik bagi tubuh. Jadi ada zat-zat yang bagus untuk kandungan tubuh. Kandungan antioksidan dalam kulit jeruk ini nggak kalah tinggi dari daging buahnya," ucapnya.

2. Tomat

#tomat

Photo :
  • U-Report

Buah tomat dan kulitnya mengandung senyawa yang baik bagi tubuh. Salah satunya kadar antioksidan yang tinggi di dalamnya. Namun, senyawa aktif itu baru akan teraktivasi setelah terpapar suhu panas dalam waktu sebentar.

"Di kulit buah lainnya juga, kenapa dianjurkan mengupas buah kenapa nggak boleh tebel-tebel karena kandungan gizinya baik sekali," ujarnya.

3. Semangka

Kulit semangka.

Photo :
  • U-Report

Semangka kerap dikenal dengan rasa daging buahnya yang segar. Siapa sangka, kadar vitaminnya lebih bermanfaat di bagian daging buah berwarna putih mendekati kulit, di mana bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

"Biji semangka juga jangan dibuang karena berkhasiat, kaya akan mineral dan vitamin,' katanya.

4. Bawang merah dan putih

Bawang merah dan bawang putih.

Photo :
  • U-Report

Menurut Resi, kulit bawang kerap dianggap tak bermanfaat dan berakhir menjadi limbah. Namun, di salah satu daerah di Tanah Air, kulit bawang justru dapat menjadi penyedap rasa makanan.

"Kulit dr bawang mrah dan putih untuk masak telur pindang untuk beri rasa khas," ucap Resi.

5. Pisang

Kulit pisang.

Photo :
  • Freepik/topntp26

Pohon dan buah pisang memiliki ragam manfaat tak terduga yang sebenarnya sudah digunakan sejak dulu. Seperti daun pisang yang memang berguna sebagai pelapis makanan dan memberi rasa yang khas. Serta jantung pisang sebagai olahan yang nikmat.

"Kulit buah juga bisa diolah, sumber karbohidratnya tinggi. Sekitar 18 persen per 100 gram," jelas Resi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya