Gejala Hipoglikemia, Penyakit yang Diderita Dorce Gamalama

Dorce Gamalama.
Dorce Gamalama.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Dorce Gamalama sempat dikabarkan tak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit. Kerabat dan dokter yang menangani menyebut, pemicu kondisi tersebut akibat hipoglikemia yang menyergap.

Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital, dr. Fakhrunnisa, Sp.S mengatakan jika seseorang mengabaikan atau tidak menyadari gejala hipoglikemia, maka seseorang dapat mengalami hypoglycemia unawareness atau ketidaksadaran hipoglikemia. Ketika gejala hipoglikemia tak disadari atau diabaikan berulang kali, tubuh menjadi kurang sensitif terhadap gejala tersebut. 

"Akibatnya, otak tak lagi bisa merespons kadar gula darah yang turun hingga berdampak fatal terhadap kondisi pasien," ujarnya dalam keterangan pers.

Gejala khas hipoglikemia

Ilustrasi penderita hipoglikemia.

Ilustrasi penderita hipoglikemia.

Photo :
  • U-Report

Dokter Fakhrunnisa menyebut ada beberapa gejala khas yang sepatutnya dikenali. Orang yang mengalami hipoglikemia cenderung merasa tidak nyaman, tubuhnya lemas, sulit berkonsentrasi, gemetar, pusing, mengantuk, kelaparan sehingga aktivitasnya sehari-hari terganggu.

Terkadang juga mengalami badan gemetar, berkeringat, merasa kelaparan, kebingungan, pandangan mata ganda atau kabur, hilang keseimbangan, mudah marah, bicara tidak jelas, dan masih merasa lelah saat bangun tidur pada pagi hari. Jika parah, penderita hipoglikemia bisa tiba-tiba pingsan sehingga berbahaya jika mereka sedang dalam perjalanan, misalnya saat menyetir mobil.