Jangan Dilanggar, Ini Aturan Diet untuk Penderita Diabetes

Menu diet
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Jika Anda menderita diabetes, mengelola kadar gula darah penting untuk menghindari komplikasi kesehatan lebih lanjut. Dan seperti yang dikatakan bahwa makanan Anda memiliki kekuatan untuk menyembuhkan, makan jenis makanan yang tepat juga dapat membantu Anda mengelola diabetes Anda dalam jangka panjang.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Jika Anda menderita diabetes dan siap melakukan perubahan pola makan, berikut beberapa tips diet sederhana yang bisa diikuti, dikutip dari Times of India.

Jangan jatuh cinta pada apa yang disebut ramah diabetes

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Karena semakin banyak orang yang menderita diabetes, pasar dibanjiri dengan pilihan makanan yang menyebut diri mereka ramah diabetes.

Tetapi tidak ada bukti bahwa makanan ini memiliki lebih banyak manfaat kesehatan daripada makan sehat. Faktanya, mereka mungkin mengandung kalori sebanyak makanan kemasan lainnya, yang dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Pilih makanan utuh daripada suplemen

Tidak ada bukti bahwa mineral dan suplemen vitamin dapat membantu mengelola diabetes. Jadi, sampai dokter  menyarankan Anda, Anda tidak boleh mulai mengonsumsi suplemen sendiri. Lebih baik mendapatkan nutrisi penting dari makanan karena suplemen dapat memengaruhi metabolisme Anda dan membuat diabetes menjadi rumit.

Makan lebih banyak buah dan sayuran

Buah-buahan

Photo :
  • Times of India

Kita semua tahu buah dan sayuran baik untuk kita. Faktanya, buah-buahan menjadi pilihan camilan yang enak. Memilih buah-buahan sebagai camilan memberi Anda vitamin, mineral, dan serat.

Dan jika Anda bertanya-tanya bahwa buah-buahan mengandung gula dan karenanya harus dihindari. Tidak, Anda tidak harus. Buah utuh baik untuk semua orang, bahkan untuk penderita diabetes.

Buah-buahan memiliki gula alami, yang tidak membahayakan tubuh. Pilih buah utuh daripada jus buah. Makan dalam porsi kecil sepanjang hari lebih baik daripada makan dalam porsi besar sekali sehari.

Memiliki lemak sehat

Sama seperti nutrisi lainnya, lemak sama pentingnya bagi kita untuk menjadi sehat. Lemak memberi kita energi tetapi berbagai jenis lemak memengaruhi kesehatan kita dengan cara yang berbeda.

Pilih pilihan makanan yang memiliki lemak sehat seperti kacang tawar, biji-bijian, alpukat, ikan berminyak, minyak zaitun, minyak lobak dan minyak bunga matahari.

Lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah. Lemak jenuh ditemukan dalam daging merah dan olahan, ghee, mentega, lemak babi, kue, pai, biskuit, dan kue kering.

Kurangi makan garam

Garam untuk Sembelit

Photo :
  • U-Report

Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Dan ketika Anda menderita diabetes, Anda bahkan lebih berisiko mengalami semua kondisi ini.

Untuk mengurangi garam, katakan tidak pada makanan kemasan karena terlalu banyak garam. Anda dapat menukar garam dengan bumbu dan rempah yang berbeda untuk mendapatkan rasa ekstra itu.

Kurangi makan daging olahan dan daging merah

Daging sapi.

Photo :
  • U-Report

Mengurangi karbohidrat mungkin ingin Anda memiliki porsi daging yang lebih besar untuk membuat  kenyang. Tapi daging merah dan olahan seperti ham, bacon, sosis, domba dan sapi dapat meningkatkan risiko masalah jantung dan kanker.

Tukar daging olahan dengan kacang-kacangan, telur, ikan, unggas, dan kacang tawar. Pilihan ini juga kaya serat dan tidak terlalu mempengaruhi kadar glukosa darah Anda. Ini membuat mereka menjadi pengganti yang bagus untuk daging olahan dan daging merah.

Anda juga bisa makan salmon dan makarel. Ini kaya akan minyak omega-3, yang membantu melindungi jantung Anda. Cobalah dan bertujuan untuk makan dua porsi ikan berminyak setiap minggu.

Memasukan serat

Sayur Buncis

Photo :
  • U-Report

Usahakan untuk memiliki setidaknya 8 gram serat per makanan, terutama jika Anda juga mengonsumsi makanan kaya karbohidrat. Ini akan membantu mengelola kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan membuat Anda kenyang lebih lama. Ini menjadi lebih penting karena diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pastikan untuk memasukkan makanan seperti kacang polong, buncis, oat, barley, apel, pir, beri, ubi jalar, kubis brussel, brokoli, wortel, dan bit dalam diet harian Anda.

Makan makanan utuh

Pilih untuk makan 100 persen tepung gandum utuh dan roti. Gunakan nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Anda juga bisa memasukkan biji-bijian seperti oat dan barley. Pilihan ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah instan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya