Tidak Hanya Orang Tua, Asam Urat juga Bisa Dialami Anak-anak

Ilustrasi penderita asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Asam urat merupakan kondisi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Kadar asam urat dalam tubuh yang tinggi menjadi pemicu utama masalah ini. Peningkatan kadar asam urat akan membuat kristalnya menumpuk dan menyebabkan peradangan pada sendi.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat identik dengan penyakit orang tua karena seringkali, penyakit ini menyerang orang berusia lanjut. Namun, tahukah kamu jika asam urat bisa terjadi pada orang berusia muda? Hal ini diungkapkan oleh spesialis penyakit dalam, dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH dalam program Hidup Sehat TvOne, Kamis 14 Oktober 2021.

"Asam urat bisa mengenai semua umur, karena asam urat selain karena faktor makanan, purin atau protein yang berlebihan bisa juga disebabkan karena syndrom familia, kekurangan enzim satioksidaser kekurangan enzim pemecah asam urat karena tubuh tidak bisa membuang asam urat akibat asam urat yang beredar di peredaran darah tinggi dan itu bisa mulai dari anak-anak sampai usia lanjut," kata Kaka Renaldi.

6 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

penyakit asam urat.

Photo :
  • U-Report

Lebih lanjut, untuk asam urat pada anak-anak, lebih sering terjadi pada usia remaja. Dengan gejala yang umum dirasakan kata dia, adalah berupa nyeri.

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

"Nyeri karena ada dekosisi asam urat kalau sudah sampai gout atau fee itu biasanya itu kalau sudah puluhan tahun. kalau anak-anak ditandai nyeri sendi, biasanya karena genetik, yang sering anak remaja," lanjut Kaka.

Berkaitan dengan asam urat, sering mengonsumsi jeroan dapat menyebabkan asam urat. Hal ini lantaran jeroan mengandung tinggi kolesterol, yang bisa mempengaruhi sindrom metabolisme asam urat.

"Jeroan itu kolesterol tinggi itu bagian dari sindrom metabolik kalau ada sindrom metabolik metabolisme asam uratnya juga terganggu. Sindrom metabolik sindrom yang diakibatkan karena berat badan berlebih, gula darahnya bisa naik, asam urat tinggi itu semuanya bisa mengakibatkan mengganggu metabolisme. Metabolisme yang terganggu antara lain, metabolisme gula, kolesterol hingga asam urat. Salah satu pengobatan asam urat adalah menurunkan berat badan," kata Kaka.

Ilustrasi cek kolesterol.

Photo :
  • U-Report

Lebih lanjut dijelaskan Kaka, penting bagi masyarakat untuk mengecek kadar kolesterol dan asam urat. Jika memiliki kadar kolesterol tinggi dan asam urat tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan jeroan.

"Jeroan jahat sekali karena dapat meningkatkan LDL, trigesri yang berujung pada sindrom metabolik," kata Kaka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya