Tidak Hanya Orang Tua, Asam Urat juga Bisa Dialami Anak-anak

Ilustrasi penderita asam urat.
Ilustrasi penderita asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Asam urat merupakan kondisi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Kadar asam urat dalam tubuh yang tinggi menjadi pemicu utama masalah ini. Peningkatan kadar asam urat akan membuat kristalnya menumpuk dan menyebabkan peradangan pada sendi.

Asam urat identik dengan penyakit orang tua karena seringkali, penyakit ini menyerang orang berusia lanjut. Namun, tahukah kamu jika asam urat bisa terjadi pada orang berusia muda? Hal ini diungkapkan oleh spesialis penyakit dalam, dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH dalam program Hidup Sehat TvOne, Kamis 14 Oktober 2021.

"Asam urat bisa mengenai semua umur, karena asam urat selain karena faktor makanan, purin atau protein yang berlebihan bisa juga disebabkan karena syndrom familia, kekurangan enzim satioksidaser kekurangan enzim pemecah asam urat karena tubuh tidak bisa membuang asam urat akibat asam urat yang beredar di peredaran darah tinggi dan itu bisa mulai dari anak-anak sampai usia lanjut," kata Kaka Renaldi.

penyakit asam urat.
Photo :
  • U-Report

penyakit asam urat.

Lebih lanjut, untuk asam urat pada anak-anak, lebih sering terjadi pada usia remaja. Dengan gejala yang umum dirasakan kata dia, adalah berupa nyeri.

"Nyeri karena ada dekosisi asam urat kalau sudah sampai gout atau fee itu biasanya itu kalau sudah puluhan tahun. kalau anak-anak ditandai nyeri sendi, biasanya karena genetik, yang sering anak remaja," lanjut Kaka.

Berkaitan dengan asam urat, sering mengonsumsi jeroan dapat menyebabkan asam urat. Hal ini lantaran jeroan mengandung tinggi kolesterol, yang bisa mempengaruhi sindrom metabolisme asam urat.