Bahaya Ini Mengintai Jika Asam Urat Tidak Ditangani

Ilustrasi nyeri asam urat.
Ilustrasi nyeri asam urat.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Penyakit asam urat adalah penyakit tak bisa dianggap remeh. Jika penyakit asam urat tidak segera diobati, dapat memicu komplikasi asam urat yang lebih berbahaya.

Salah satunya jika asam urat tidak diatasi segera dapat menyebabkan benjolan di persendian jari tangan, kaki, pergelangan tangan kaki, dan telinga. Hal ini diungkapkan oleh Spesial Penyakit Dalam, dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH.

"Itu disebut gout artritis, pengendapan kristal asam urat, banyak sekali pasien abaikan asam urat misalnya karena masih muda makan apa saja sekarang penderita asam urat bergerak usia muda, karena western lifestyle, makan daging, sop kaki kambing, kacang-kacangan jeroan, itu sumber purin, dia punya gangguan metabolisme asam urat dibiarkan saja, gak dicek asam uratnya numpuk di jempol kaki, siku lutut, sendi tangan, perbedaan dengan peradangan sendi lain, asam urat gout ini kenanya satu sisi," kata Kaka dalam program hidup sehat TvOne, Kamis 14 Oktober 2021.

penderita asam urat.
Photo :
  • U-Report

penderita asam urat.

Tidak hanya itu saja, jika asam urat tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan sendi.

"Fakta, gout sendi jadi rusak, benjolan akan stay forever. makanya sebelum ada gout ada benjolan, kalau ada asam urat harus kita treat karena komplikasi macam-macam," jelas Kaka.

Ganggu fungsi ginjal