Bahaya Ini Mengintai Jika Asam Urat Tidak Ditangani

Ilustrasi nyeri asam urat.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Penyakit asam urat adalah penyakit tak bisa dianggap remeh. Jika penyakit asam urat tidak segera diobati, dapat memicu komplikasi asam urat yang lebih berbahaya.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Salah satunya jika asam urat tidak diatasi segera dapat menyebabkan benjolan di persendian jari tangan, kaki, pergelangan tangan kaki, dan telinga. Hal ini diungkapkan oleh Spesial Penyakit Dalam, dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH.

"Itu disebut gout artritis, pengendapan kristal asam urat, banyak sekali pasien abaikan asam urat misalnya karena masih muda makan apa saja sekarang penderita asam urat bergerak usia muda, karena western lifestyle, makan daging, sop kaki kambing, kacang-kacangan jeroan, itu sumber purin, dia punya gangguan metabolisme asam urat dibiarkan saja, gak dicek asam uratnya numpuk di jempol kaki, siku lutut, sendi tangan, perbedaan dengan peradangan sendi lain, asam urat gout ini kenanya satu sisi," kata Kaka dalam program hidup sehat TvOne, Kamis 14 Oktober 2021.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

penderita asam urat.

Photo :
  • U-Report

Tidak hanya itu saja, jika asam urat tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan sendi.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

"Fakta, gout sendi jadi rusak, benjolan akan stay forever. makanya sebelum ada gout ada benjolan, kalau ada asam urat harus kita treat karena komplikasi macam-macam," jelas Kaka.

Ganggu fungsi ginjal

Lebih lanjut, peningkatan kadar asam urat akan membuat kristalnya menumpuk dan menyebabkan peradangan pada sendi. Parahnya, asam urat bisa menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

"Asam urat itu bisa terjadi deposisi di ginjal menjadi batu ginjal, batu ginjal itu bisa merusak ginjal. Kadar asam urat tinggi bisa mengganggu fungsi ginjal bisa sebabkan gagal ginjal ujung-ujungnya pasien disuruh cuci darah. Penumpukan kristal asam urat akan membentuk batu pada saluran kemih jadi batu ginjal kalau diabaikan bisa menyebabkan gagal ginjal," jelas Kaka.

Ilustrasi ginjal/batu ginjal.

Photo :
  • Freepik/brgfx

Untuk itu, kata Kaka, penting bagi masyarakat untuk bisa melakukan beberapa pencegahan. Salah satunya dengan membatasi asupan makanan yang tinggi akan protein. Sebab, asam urat disebabkan karena adanya gangguan metabolisme purin atau protein.

"Mengurangi konsumsi purin seperti jeroan, daging merah, kacang-kacangan, seafood yang mengandung purin yang tinggi. olahraga bisa membantu meningkatkan metabolisme asam urat dan berat badan berlebih bisa meningkatkan asam urat jadi sangat disarankan berolahraga dan berolahraga," kata Kaka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya